Ganjar Pranowo Sosok Pemimpin Inovatif dan Ikuti Kemajuan Zaman

Oleh :  Muhammad Ridwan 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews/com – Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang memang dikenal sangatlah inovatif. Bahkan dirinya pernah beberapa kali mendapatkan penghargaan secara nasional dalam kategori pemimpin inovatif. Kemudian, dia juga merupakan sosok yang sangat mampu untuk terus mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman di tengah pesatnya penggunaan ruang digital seperti sekarang ini.

Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa generasi milenial dan juga generasi Z memang merupakan para pemilih yang sangatlah potensial, karena mereka mewakili hingga sebanyak lebih dari 50% (persen) jumlah pemilih dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik, Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang.

Sebagai informasi generasi Z sendiri merupakan generasi yang lahir pada rentang tahun 1997 hingga 2012, yang mana mereka pada saat ini adalah berusia 8 hingga 23 tahun. Kemudian untuk generasi milenial sendiri adalah generasi yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996 dengan rentang usia mereka saat ini adalah 24 hingga 39 tahun.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu memaparkan sebuah hasil penelitian terkini, yang mengungkapkan bahwa ternyata kedua generasi tersebut, yakni generasi milenial dan generasi Z memang memiliki karakteristik yang berbeda. Kendati demikian, kedua generasi itu juga memiliki sebuah kesamaan, yakni mereka sama-sama tidak menyukai adanya polemik yang terjadi di dunia politik.

Kedua generasi itu, baik generasi milenial ataupun generasi Z sama-sama tidak selalu suka dengan adanya politik yang bising, serta mereka juga tidak mau terlalu terlibat dengan adanya isu-isu yang besar, namun mereka sebenarnya masih bersedia untuk diajak berdialog dan juga memiliki karakter egaliter yang cukup kuat.

Mengetahui bagaimana kesediaan para generasi milenial dan generasi Z itu untuk diajak dalam berdialog, maka Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa memang adanya dialog adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan, terlebih dialog dengan tema-tema yang toleran dan juga bisa terus memberikan ruang kepada kedua generasi tersebut untuk bisa berada pada frekuensi dan juga panggung yang sama.

Dari hasil paparan penelitian terbaru itu, kemudian sosok pemimpin yang memang dikenal sangat inovatif dan juga kreatif ini memang akan terus mengedepankan berbagai macam strategi yang tepat untuk bisa melakukan pendekatan kepada generasi milenial dan generasi Z.

Salah satu pendekatan atau strategi tepat yang dilakukannya adalah dengan terus memanfaatkan ruang digital demi terus mengampanyekan nilai-nilai yang akan diperjuangkannya. Karena memang pada dasarnya, apabila pendekatan yang dilakukan kepada kedua generasi itu hanya sekedar melalui pertemuan secara langsung, hal itu masih belumlah cukup meski memang adanya pertemuan langsung juga merupakan hal yang sangat penting karena mampu menumbuhkan suasana emosional bonding yang berbeda.

Meski adanya pertemuan secara langsung juga sangat penting, yang mana itu adalah strategi kampanye politik secara konvensional, namun menurut Ganjar Pranowo menjadi tidak kalah penting juga adanya strategi melalui ‘serangan udara’ atau pemanfaatan ruang digital yang optimal.

Sementara itu, sosok Capres yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut juga beberapa kali pernah terus meraih penghargaan Government Award yang menobatkannya sebagai Indonesian Innovative Leader atau pemimpin di Indonesia yang inovatif.

Diketahui bahwa penghargaan itu memang diberikan kepada siapapun sosok pemimpin atau kepala daerah yang memang dinilai sangat berhasil dalam melakukan berbagai macam inovasi dalam pengelolaan hingga pembangunan di daerah mereka. Pasalnya, sosok pemimpin yang memiliki daya inovasi sangat tinggi sangat penting pula untuk Indonesia, karena tidak bisa dipungkiri bahwa negara ini juga pembangunanya tergantung kepada bagaimana pembangunan di daerahnya, utamanya di pedesaan.

Terlebih, sebentar lagi Indonesia akan menyelenggarakan suatu hajat besar, yakni Pemilihan Presiden pada tahun 2024 mendatang sehingga memang penting pula kepada seluruh masyarakat di Tanah Air untuk bisa melihat, memilih dan mempertimbangkan siapa saja sosok yang memang dianggap sangat pantas untuk memimpin bangsa ini ke depannya, yang mana juga hendaknya adalah sosok yang inovatif.

Ganjar Pranowo sendiri memang telah banyak sekali dikenal merupakan sosok pemimpin bangsa yang sangat kreatif serta dirinya juga dinilai memiliki banyak inovasi. Beberapa inovasi yang telah berhasil dilakukan olehnya adalah dengan adanya penerapan e-government, sistem pemerintahan berbasis elektronik maupun terus mendorong adanya pemerintahan desa yang inovasi.

Dengan adanya seluruh inovasi dan kreatifitas yang berhasil dilangsungkan oleh Capres PDI Perjuangan tersebut, kemudian juga secara langsung mampu berdampak untuk menurunkan angka kemiskinan dan semakin memajukan wilayah yang dipimpinnya, yakni Jawa Tengah.

Menjadi penting bagi masyarakat di Indonesia saat ini adalah dengan mengetahui dan menilai betul bagaimana karakter sosok calon pemimpin yang ke depannya akan memimpin bangsa ini pada tahun 2024. Salah satu kriteria pemimpin yang baik, adalah ketika dirinya memiliki daya inovasi yang tinggi, kreatif dan juga mampu untuk terus mengikuti perkembangan zaman yang ada, yang mana seluruhnya dimiliki oleh Ganjar Pranowo.

Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Stafsus BPIP Sebut AMN Manado Tempat Kaderisasi Pemimpin Masa Depan Bangsa

Oleh: Hendrik Nathanael Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – BNN Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah …