PDI Perjuangan Sebut Presiden Jokowi Terus Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Oleh : Deka Kurunia 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – PDI Perjuangan menyebutkan bahwa Presiden Jokowi akan terus mendukung penuh dan sama sekali tidak akan pernah berbeda dengan mandat partai politik (parpol) yang telah mengusung dirinya untuk mengawal kemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang terdapat kedekatan secara khusus yang terjadi antara Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut dikarenakan berbagai macam hal yang sama dimiliki antara kedua tokoh pemimpin bangsa ini.

Terkait dengan kedekatan khusus tersebut, salah satu politisi dari PDI Perjuangan, Adian Napitupulu menyatakan bahwa bukti konkret lain juga ditunjukkan dengan bagaimana kehadiran Kepala Negara dalam deklarasi pencapresan pemimpin yang identik dengan rambut putih itu oleh Ketua Umum (Ketum) mereka, Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, dirinya juga menyebut bahwa ke depannya, Presiden RI ketujuh tersebut juga akan ikut turut aktif  dalam mengkampanyekan Capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih itu, utamanya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Tentunya dengan berbagai bukti nyata tersebut juga sekaligus mampu menepis adanya isu yang terus berkembang dimasyarakat dan media sosial dan bahkan terus saja digoreng oleh berbagai pihak yang kurang bertanggung jawab, yang mana menyatakan bahwa seolah-olah Presiden Jokowi memiliki dukungan kepada sosok pemimpin lain selain Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden mendatang.

Bahkan, bukti nyata lain yang juga semakin memperkuat bahwa Kepala Negara akan jelas-jelas melabuhkan dukungannya hanya kepada sosok Capres yang satu partai dengan dirinya, adalah bagaimana saat ini kehadiran putra kandung dari Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka telah masuk kedalam jajaran tim juru kampanye (Jurkam) untuk pria kelahiran Kabupaten Karanganyar itu.

Sehingga dengan berbagai hal tersebut sudah semakin jelas bagaimana arah politik dan dukungan yang diberikan oleh Kepala Negara kepada siapa sosok calon pemimpin yang akan meneruskan pemerintahannya pada tahun 2024 mendatang.

Lebih lanjut, sebagaimana mandat yang sudah diberikan oleh partai politik (parpol) yang mengusung dirinya, yakni PDI Perjuangan, tentunya hal tersebut tidak akan mungkin pernah dilanggar oleh Presiden Jokowi, yakni dirinya akan terus senantiasa mendukung dan mengawal kemenangan dari Ganjar Pranowo.

Sejauh ini, langkah yang sudah dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia itu juga sudah sangat tepat, karena beliau berupaya untuk terus menjaga netralitasnya di hadapan publik selaku kepala negara dan kepala pemerintahan di Tanah Air, sehingga dirinya memang tidak pernah menyatakan secara terang-terangan bagaimana dukungannya kepada sosok capres tertentu dan dia bahkan juga seringkali melakukan kunjungan dan ditemani oleh nama calon presiden lainnya.

Beberapa waktu ini memang sempat terlihat adanya kedekatan Kepala Negara dengan sosok calon presiden lain selain Ganjar Pranowo, namun kedekatan tersebut tentunya bukan dalam rangka beliau memberikan dukungan kepada nama lain, melainkan hanya sebatas sekedar hubungan baik antara Presiden dengan menterinya saja dan menjadi hal yang wajar sebetulnya.

Pada suatu kesempatan, bahkan sosok pria yang juga menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu terlihat mengenakan sebuah baju kemeja yang didesain sendiri secara khusus oleh Presiden Jokowi, yang mana baju tersebut memiliki motif garia-garis vertikal lurus dan berwarna hitam serta putih.

Mengenai baju kemeja yang dikenakan oleh Ganjar Pranowo, yang juga merupakan hasil desain dari Kepala Negara itu, Peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menjelaskan bahwa pemakaian baju kemeja itu juga menjadi pertanda yang jelas bahwa sosok Capres dari PDI Perjuangan ini merupakan pemimpin masa depan bangsa bagi setiap kalangan masyarakat di Tanah Air.

Sementara itu, Pengamat Politik Yunarto Wijaya juga menyampaikan hal yang senada, bahwa terdapat simbol komunikasi yang sangat kuat yakni memang dukungan Presiden Jokowi mutlak hanya ditujukan kepada sosok Ganjar Pranowo seorang untuk terus melaju dalam kontestasi Pilpres mendatang.

Secara tidak langsung pula, dengan adanya baju kemeja yang didesain khusus oleh Presiden Joko Widodo dan dikenakan oleh Capres dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu, membantah dengan sangat tegas adanya klaim yang seolah mengungkapkan kalau beliau memberikan dukungannya pada nama lain.

Perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Maka dari itu, atmosfer dalam dunia politik kini menjadi semakin memanas saja dengan adanya banyak isu yang bergulir. Namun, meski demikian, dukungan sangat penuh tetap diberikan oleh Presiden Jokowi hanya kepada satu nama, yakni Ganjar Pranowo.

 Penulis adalah kontributor Gerakan Ganjar Pranowo Menang (Gagasan)

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

May Day 2024, Dandim 0507/Bekasi Bersama Prajurit Patroli Monitoring Wilayah Pastikan Kondisi Aman Kondusif

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Kota abekasi – Pada Peringatan Hari Buruh Nasional 1 Mei 2024, Kodim …