” Hebat” H.Ainul Jakkin,SH Ketua RW 010 Perum Tridaya Nuansa Menyembelih Langsung Hewan Qurban

Portalindonews.Com,Kab Bekasi – H.Ainul Jakkin,SH Ketua RW.010 Perumahan Tridaya Nuansa Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan pada Hari Kamis 29 Juni 2023 Melaksanakan Penyembelihan Qurban.

Dalam Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban dihadiri Para Pengurus RT se Rw.010, DKM Masjid, Tokoh Masyarakat.

H.Ainul Jakkin,SH Pada Wartawan Menjelaskan jumlah Hewan Qurban Sapi Yang akan Di Sembelih : 6 Ekor, Kambing : 3 Ekor

Momen perayaan Idul Adha identik dengan ibadah kurban atau menyembelih hewan ternak sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt. Di balik kurban, ada makna mendalam yang dapat dipetik oleh setiap muslim. Kurban mengajarkan dua hal kepada manusia. Pertama, bahwa moment kurban adalah waktu yang tepat sebagai seorang muslim untuk berbagi. Kedua, adanya aspek transendensi yaitu aspek kesucian.

Ibadah kurban ini mengenang pada pengorbanan Nabi Ibrahim ketika diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ujian Allah hadir dalam mimpi. Ismail harus dikurbankan tak boleh diganti. Inilah pembuktian cinta Ibrahim kepada Allah Yang Maha Rahim. Pedang tajam siap menyembelih. Ismail tenang tak merasa pedih. Ternyata seekor domba yang mati. Ibrahim dan Ismail bersyukur tiada henti.

Berkurban merupakan perintah Allah kepada hamba-Nya. Syariat kurban disebutkan Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al-Kautsar ayat 1-3. dan hadis yang diriwayatkan dalam Hadits Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Saya diperintah untuk menyembelih kurban dan kurban itu sunnah bagi kamu.” Melaksanakan perintah Kurban merupakan suatu upaya seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang diceritakan secara turun temurun terdapat edukasi tentang keikhlasan saat berkurban,Ujar H.Ainul Jakkin,SH

Ibadah kurban disyariatkan Allah untuk mengenang Sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim as dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Id, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.”

(Rachmat)

About Portalindonews

Check Also

Danramil 13/Cisoka Serahkan Sembako Secara Simbolis Untuk Warga Terdampak Luapan Banjir Cidurian

Portalindonews.com, Kodam Jaya Tiga Raksa, – Danramil 13/Cisoka, Kapten CHB Jitu Arman Sinaga SH ,dan …