Melalui Seni Budaya, Rakyat dan TNI Bersatu

PORTALINDONEWS.COM, Bandung, – Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul membuka Pagelaran Seni Budaya Siliwangi di Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (21/03/2023).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam III/Slw menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya kegiatan Pagelaran Seni Budaya Siliwangi.

Pagelaran Seni Budaya Siliwangi merupakan salah satu komitmen Kodam III/Siliwangi dalam rangka “Ngamumule” dan “Ngarawat” seni budaya tradisional urang Sunda, khususnya warga masyarakat Jawa Barat dan Banten.

Pagelaran Seni Budaya Siliwangi hari ini tidak hanya sekedar sebagai kegiatan pentas seni yang memberikan hiburan, lebih dari itu kegiatan ini diharapkan menjadi momentum terbaik sebagai media edukasi dan alat untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan dan persatuan bangsa, serta menyatukan rakyat dengan TNI, Khususnya Kodam III/Siliwangi dengan rakyat Jawa Barat dan Banten sebagaimana terkandung dalam tema kegiatan, yaitu “Dengan Seni Budaya, Rakyat dan TNI Bersatu.”

“Seni Budaya sebagai hasil kreasi daya cipta, rasa dan karsa manusia, sesungguhnya penuh dengan nilai-nilai luhur yang tidak hanya mencerminkan nilai estetika, tetapi juga terkandung nilai-nilai etika, moralitas dan spiritualitas serta jati diri pribadi maupun komunitas tertentu, dalam hal ini masyarakat Sunda yang hidup di wilayah Jawa Barat dan Banten yang sangat kaya dengan tradisi dan seni budaya,” tegas Pangdam.

Pagelaran Seni Budaya Siliwangi yang digelar meliputi, Komunitas Lengser Ambu Jabar, Angklung Buhun Jampana dan Dog Dog Lojor Sukabumi, Sisingaan Subang, Raja Dogar Garut, Badawang Ciamis, Tanjidor dan Kuda Renggong Subang, Ondel Ondel Bekasi, Bajidor Karawang, Pencak Silat Banten, Ronggeng Bugis Cirebon, Band Siliwangi.

Dalam kesempatan itu Pangdam III/Slw bersama para pejabat Kodam lainnya dan para prajurit turun berbaur dengan masyarakat dan anak-anak sekolah menikmati penampilan pesta rakyat, bahkan turut andil dalam memainkan alat seni budaya tersebut.

Usai melaksanakan gelar seni dari masing-masing kelompok, dilanjutkan karnaval dengan mengelilingi Kota Bandung Start dari Lapangan Kodam III/Slw – Jl. Seram – Jl. RE. Martadinata – Jl. Merdeka – Jl. Aceh – Jl. Seram dan finish di Makodam III/Slw.

Salah satu Pimpinan Seni Budaya Siliwangi dari Sisingaan Subang Lilis Robot mengatakan bahwa pesta rakyat yang digelar Kodam III/Siliwangi sangat meriah.

”Luar biasa, Kodam III/Siliwangi mengadakan acara yang melibatkan seluruh seniman di Jawa Barat, ini sinyal positif bagi kami sebagai orang kesenian,” ujar Lilis Robot.

Sebagai puncak acara Pagelaran Seni Budaya Siliwangi, pada malam harinya akan digelar Wayang Golek dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya Putra Giri Harja 3.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Pangdam III/Slw bersama Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Danrem jajaran Kodam III/Slw, para Dansektor Citarum Harum, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, para Dandim dan para Danyon jajaran Kodam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi).

About Portalindonews

Check Also

Aparat Keamanan Pastikan Situasi Tetap Kondusif Jelang Putusan Sidang Sengketa Pemilu

Oleh: Nial Fitriani Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Aparat keamanan memastikan bahwa situasi tetap berjalan …