Bencana Banjir Sudah Melanda, Dandim Buntok Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Personil Dan Material

PORTALINDO.CO.ID, Barsel – Dandim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono S.I.P. memimpin Apel Kesiapsiagaan Personil dan Material untuk bencana banjir yang beberapa hari ini melanda. Apel Kesiapsiagaan tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Makodim 1012/Buntok, Dusun Selatan, Rabu (19/10/2022).

Dandim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono S.I.P. sebagai Pimpinan pelaksanaan Apel ini mengatakan bahwa “Kesiapsiagaan Pasukan dan Perlengkapan dalam rangka siaga antisipasi bencana alam banjir ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan kita dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam yaitu banjir. Bencana banjir ini merupakan siklus alam yang mana terjadi musiman setiap tahunnya dan banjir ini pun terjadi dikarenakan naiknya permukaan air yang mana kultur tanah di wilayah Barito Selatan ini adalah rata-rata dataran rendah yang mana ketinggian permukaan tanah hanya selisih beberapa cm saja dari permukaan air sungai sehingga mengakibatkan meluapnya air sungai disetiap dataran rendah,” ujar Dandim.

“Apel kesiapsiagaan ini juga untuk membangun sinergitas dengan instansi terkait dalam pelaksanaan penanggulangan bencana banjir yang terjadi di wilayah binaan Kodim 1012/Buntok dan juga dalam rangka mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam. Kodim 1012/Buntok sebagai Satuan Kewilayahan harus selalu siap dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dari segala bencana alam dan gunakan prinsip dan cara yang tepat sehingga tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.” tutup Dandim Buntok tersebut.

Apel kesiapsiagaan tersebut melibatkan sekitar 70 orang personil kodim 1012/Buntok. Terlihat ada beberapa perlengkapan yang disiapkan untuk membantu korban bencana banjir antara lain perahu LCR, kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, pelampung, kompor lapangan dan peralatan kesehatan yang sudah siap digunakan.(**)

About Portalindonews

Check Also

Sigap Bantu Masyarakat, Pos Oelbinose Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Bantu Kesulitan Masyarakat

Portalindonews.com, Tasinifu, NTT – Sigap bantu kesulitan Masyarakat, Pos Oelbinose Satgas Yonkav 6/Naga Karimata bantu …