Guna Sejahterakan Masyarakat Nelayan Pantai Selatan, Pangdam III/Slw Tabur Benur Lobster

PORTALINDONEWS.COM, Garut,Jabar-Upaya melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan sumber daya laut agar dapat menjadikan laut yang berkesinambungan bagi habitat yang didalamnya untuk jenis ikan, biota laut, flora untuk generasi sekarang dan masa depan. Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, dalam kunjungan kerja di wilayah Kodim 0611/Garut menabur Benur di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut ,Jabar, Rabu (19/10/2022).

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media. Bahwa Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melaksanakan kunjungan kerja dan telah menabur 500 ekor Benur Lobster kedalam keramba Demplot milik Kodam III/Siliwangi.

Lanjutnya mengatakan, kegiatan tersebut adalah upaya optimlisasi Benur dalam rangka peningkatan perekonomian rakyat khususnya yang berada di Pesisir Pantai Selatan. Selain itu, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi masyarakat nelayan.

Budidaya Udang Lobster akan menjadi usaha yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat di Pesisir Pantai. Dimana dalam pengembangannya akan memanfaatkan teknologi mikroba Bios 44 DC, yang merupakan inovasi terapan Pangdam III/Slw.

Terkait masalah peningkatan perekonomian masyarakat nelayan di pesisir pantai, Pangdam III/Slw menegaskan bahwa, yang terpenting adalah aksi nyata di lapangan, termasuk memberikan bantuan berupa pendampingan-pendampingan. “Ingat, kita jangan mencari-cari kesalahan terhadap mereka, tetapi kita mencari alternatif solusi,” pesannya.

Dalam kesempatan itu juga, Pangdam mengajak kepada seluruh nelayan di Pesisir Pantai Selatan untuk menjaga kawasan laut, dengan melindungi ekosistem yang ada dan konservasi biota laut. Semua itu sebagai wujud nyata tindakan pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut, guna menjaga biodiversitas yang sangat berhubungan dengan ekosistem-ekosistem yang menjadi habitat biota laut.

Sementara itu di tempat yang sama, Dede Rustandi salah seorang warga yang mengembangkan budidaya udang lobster di Pesisir Pantai Selatan, atas nama pribadi dan mewakili para nelayan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pangdam III/Slw. Dirinya berharap kehadiran Pangdam dan rombongan menjadi momen dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya nelayan di Pesisir Pantai Selatan.

“Kami keluarga besar Nelayan Pantai Selatan, mendo’akan Bapak Pangdam III/Slw dan jajaran agar senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan serta senantiasa terus bersinergi dengan Nelayan Pantai Selatan,” tukasnya.

Hadir dalam kunjungan kerja Pangdam III/Slw, Ketua Persit Daerah III/Slw, Pejabat Teras Kodam III/Slw, Danrem 062/TN dan Komandan Kodim 0611 Garut serta pejabat lainnya.

(Sumber:Pendam III/Siliwangi).

About Portalindonews

Check Also

Kasdim Jayawijaya Hadiri Peresmian Gedung Kantor Wilayah Bogo, Monumen Baptisan Sulung GIDI dan Sembilan Honai Tokoh GIDI Kabupaten Mamberamo Tengah

Portalindonews.com, Wamena – Kasdim 1702/Jayawijaya Mayor Inf Romadlon menghadiri peresmian kantor wilayah bogo, monumen baptisan …