Jaga Kelestarian Alam, Personel Kodim 1703/Deiyai Dan Satgas Yonif 527/BY Gandeng Masyarakat Tanam 1.000 Pohon

PORTALINDONEWS.COM, Arso ~ Personel Koramil 1703-03/Obano dan Satgas Yonif 527/ beserta Polsek Obano yang dibantu oleh elemen masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman 1.000 pohon bertempat di Distrik Obano, Kab. Paniai Barat, Papua, Jumat (15/92023).

hal tersebut merupakan upaya menjaga kelestarian hutan untuk memperbaharui kerusakan alam yang diakibatkan ulah manusia, disamping itu juga fungsi penanaman pohon tersebut untuk pencegahan bencana terutama tanah longsor. Karena di wilayah Distrik Obano tingkat curah hujan cukup tinggi sehingga potensi bencana alam bisa terjadi, maka dari itu langkah awal untuk pencegahan terjadi bencana adalah melakukan pembaharuan dalam bentuk penanaman pohon agar tanah Papua tetap kaya akan alamnya.

Serka Arifudin selaku Babinsa Koramil 1703-03/Obano menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu program untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menjaga kearifan lokal, dimana mayoritas masyarakat yang ada di Papua adalah kebanyakan sebagai nelayan dan petani.

“Adapun 1.000 pohon yang kita tanam ini adalah jenis pohon kopi. Dimana pohon ini memiliki akar yang kuat guna mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, karena kawasan hutan lindung perlu kita jaga apabila pohon ini sudah besar maka masyarakat disini bisa memanen hasil bumi berupa biji kopi yang kemudian di kelola menjadi kopi Obano,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Besar Bapak Vitalis Pigay juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan khususnya di Kampung Obano sangat memberikan kepuasan bagi masyarakat.

“Banyak gebarakan-gebarakan positif bagi kami apalagi dengan adanya personel TNI-Polri ini sudah sangat memberikan dampak positif, bahkan mau memberikan mata pencaharian dengan menanam pohon kopi. Hasil yang diperoleh memang bukan untuk kami tapi untuk anak-anak kita nanti sehingga kita manfaatkan dengan baik. Kami sangat berterima kasih banyak kepada TNI-Polri yang ada di Obano,” ungkap Bapak Vitalis Pigay.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …