Jaga Kualitas Lingkungan Hidup, Kodim 1709/Yawa Tanam 150 Bibit Matoa Dan Durian Di Kampung Tatui

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Dalam rangka menyukseskan Program Pembinaan Lingkungan Hidup TA 2023, yang berujung kepada terjaganya kualitas lingkungan hidup yang ada diwilayah teritorialnya, Kodim 1709/Yawa menggelar kegiatan penanaman 150 buah bibit matoa dan durian yang berlokasi di Kampung Tatui Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen, Jumat (15/9/2023).

Mengawali kegiatan yang dilakukan di Balai Kampung Tatui ini, Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP., M.I.P, melalui Pasiter Kapten Inf Pawawoi Tahir, S.E yang hadir saat itu mengatakan kepada seluruh warga bahwa, dengan melakukan penanaman bibit pohon matoa dan durian ini, diharapkan kedepannya pada saat tiba masa panen, buahnya dapat bermanfaat besar dalam menambah perekonomian warga, dan juga efek jangka panjangnya yaitu sangat berguna bagi kelangsungan hidup anak cucu kita dan seluruh generasi penerus bangsa diwilayah ini kedepannya.

Sebab dengan menanam pohon kita dapat memberikan sumbangsih dalam menjaga kelestarian lingkungan kampung ini, karena pohon memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, yaitu seperti, dapat mencegah banjir dan erosi karena pohon bisa menyerap dan menyimpan air hujan serta menjaga cadangan tanah, mengurangi dampak pemanasan global, membuat udara disekitar menjadi lebih segar dan sehat dalam menyediakan cadangan oksigen yang berkualitas kedepannya bagi kita semua makhluk hidup ditempat ini,” imbuh Pasiter.

“Untuk itulah, kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada aparat kampung dan juga seluruh masyarakat yang telah bersedia menyiapkan lahannya untuk ditanami 75 buah bibit matoa dan juga 75 buah bibit durian yang ada dikampung ini, kiranya bibit yang ditanami ini dapat dijaga, dipelihara dan dirawat dengan baik, agar tumbuh kembangnya berjalan lancar dan dapat memberikan dampak yang positif dimasa depan bagi kita semua yang ada dikampung ini,” harapnya.

Yumida Wanenda salah satu warga yang telah bersedia lahannya untuk ditanami bibit pohon dalam kegiatan ini juga turut mengucapkan, terima kasih banyak kami ucapkan kepada Kodim 1709/Yawa yang telah memberikan bantuan bibit durian dan matoa, dan juga kepada Bapak Babinsa yang telah membantunya dalam menyiapkan lahannya untuk penanaman bibit ini, kiranya bantuan bibit yang telah ditanami dikebunnya tersebut, dapat menjadi sumber berkat bagi kehidupan keluarganya mulai saat ini sampai dimasa depan,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Herman D, S. Hut. Kasubag TU KPHP Yapen, Robby Abobar, S.Hut, Koordinator Polhut Yapen, Yosepus Aroma Kepala Kampung Tatui, para Tokoh Adat dan Tokoh Warga, para siswa-siswi anggota Pramuka SMAN 1 Serui, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel dan seluruh masyarakat.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

About Portalindonews

Check Also

Danramil 10/Sepatan Jadi Irup Upacara Bendera

Portalindonews.com, Kodam Jaya – Tigaraksa, Komando Distrik Milter (Kodim) 0510/Tigaraksa melaksanakan upacara bendera mingguan yang …