Kasad dan Chief Of Singapura Army Resmi Menutup Latma Safkar Indopura-34/2022

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Dawuan, Jawa Barat – Tentara Angkatan Darat Indonesia dan Singapura baru saja menuntaskan Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura ke-34 tahun 2022 didaerah latihan Dawuan Ds. Karanganyar, Kec. Klari, Karawang, Jawa Barat. Sabtu (15/10/2022).

Latma Safkar Indopura-34/2022 sendiri digelar selama 10 hari, beberapa materi telah dilatihkan, di antaranya Pengenalan Satuan dan Display Persenjataan, Profesional Exchange tentang Teknik, Taktik dan Prosedur Operasi Purkota, Pengenalan Rantis Anoa, Live Firing Excercise, Command Post Excercise tingkat Brigade dan Batalyon, serta Field Training Excercise tingkat Batalyon dalam Operasi Purkota.

Dalam amanatnya Kasad menerangkan, Safkar Indopura bukan sekadar latihan bersama. Moment ini merupakan wujud dari persahabatan antara dua negara dan dua Angkatan Darat yang terjalin sejak tahun 1989.

“Saya merasa bangga kepada para perajurit kedua Angkatan Darat yang cakap mengolah taktik dan strategi, terampil mengoperasikan berbagai Alutista canggih, serta tidak gagap menghadapi skenario latihan yang berkembang, dinamis dan penuh tantangan,” ujar Kasad dalam penutupan Latma Safkar Indopura-34/2022.

“Melalui latihan bersama ini kita saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknik bertempur, karena kita memiliki visi yang sama, yang terjalin dari ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara,” jelas Kasad.

Kasad memastikan, perbedaan doktrin, teknik, dan taktik tempur di antara dua kontingen bukanlah halangan dalam latihan. Menurutnya, kondisi tersebut justru dapat menambah khasanah pengetahuan kedua Angkatan Darat. Nantinya akan sangat berguna saat kita harus bekerja sama dalam tugas-tugas yang akan datang, baik dalam forum bilateral, regional, bahkan di tingkat internasional.

Jenderal Dudung mengapreisiasi Chief Of Singapura Army, Mayor Jenderal David Neo Chin Wee beserta jajaran atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan latihan bersama. Kasad berharap Latma Safkar Indopura dapat terus dilanjutkan sebagai wahana meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perajurit.

Dikesempatan yang sama Chief Of Singapura Army, Mayor Jenderal David Neo Chin Wee dalam amanatnya menyampaikan “Saya sebagai lulusan Seskoad, Indonesia punya tempat khusus di hati saya. Saya senang sekali dapat berada di tempat latihan bersama banyak sahabat dari TNI AD, Saya ingin menyatakan terima kasih kepada bapak Kasad untuk menjadi tuan rumah hari ini serta kunjungan kehormatan saya ke Indonesia pada bulan Maret yang lalu. Ini mencerminkan bahwa persahabatan antara TNI AD dan SAF tetap erat dan semakin kuat.

Mayor Jenderal David Neo Chin Wee menyatakan Latma Safkar Indopura ke-34 tahun 2022 menunjukkan keeratan hubungan pertahanan yang berlangsung sejak lama dan tidak pernah berhenti berkomitmen, bekerjasama antara TNI AD dan SAF.

 

Dalam Latma Safkar Indopura-34/2022 tidak hanya melaksanakan latihan tempur saja, tetapi juga kegiatan olahraga bersama, penampilan budaya dan pengenalan tempat wisata.

Diakhir amanatnya Mayor Jenderal David Neo Chin Wee memberikan ucapan selamat kepada peserta latihan, yang telah sukses melaksanakan latma ini dengan baik dan berhasil, serta ucapan terima kasih kepada Brigif Mekanis 1 dan Yonif Mekanis 202 dari TNI AD dan Brigif 3 dan Yonif 3 dari Singapura. 

Upacara penutupan Latma Safkar Indopura -34/2022 diakhiri dengan penanggalan tanda peserta latihan dari kedua negara dan dilanjutkan dengan penyerahan obor serta bendera Safkar Indopura, dan dilanjutkan yel yel dari kedua pasukan serta foto bersama.

(Sumber Pendam Jaya)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Letkol Inf Justus Mara, Putra Asli Papua Pimpin Kodim 1716/Tolikara

Portalindonews.com, Jayapura – Tongkat Komando kepemimpinan Kodim 1716/Tolikara kini berganti, setelah sebelumnya dijabat oleh Letkol …