Korem 172/PWY Bersama Mahasiswa Uncen Tanam 500 Mangrove Di Pantai Enggros Abepura

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Korem 172/PWY bersama dengan Mahasiswa FMIPA Universitas Cenderawasih (Uncen) melakukan penanaman sebanyak 500 pohon Mangrove di pesisir Pantai Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (15/10). 

Danramil 1701-03/Abepura Kapten Inf Lukas Guntur Tjoe menyampaikan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Mahasiswa FMIPA Uncen dengan mengandeng Korem 172/PWY sebagai bentuk dalam mendukung kegiatan Restorasi Hutan Manggrove guna mempertahankan keberlangsungan kehidupan makhluk hidup pada ekosistem Mangrove masa kini dan masa depan. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 70 orang dari TNI dan Mahasiswa.

“Kami berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah berkolaborasi dan mengundang Korem 172/PWY dan jajarannya untuk bersama-sama menanam mangrove yang kita tahu bahwa mangrove ini memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi lingkungan hidup,” katanya. 

Dengan melihat berbagai fungsi dari Hutan Mangrove yaitu sebagai penahan abrasi dan tempat hidup bagi berbagai macam biota laut, mangrove juga berfungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2) sehingga kegiatan ini perlu dilakukan. 

“Ini kegiatan yang sangat bermanfaat menurut saya yang dilakukan oleh para pemuda ini, saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan kedepan akan semakin banyak program seperti ini dilakukan bukan hanya oleh instansi yang ada tetapi juga oleh masyarakat,” tuturnya.

Gerit Erens A. Waimuri, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa FMIPA Uncen menuturkan, dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Korem 172/PWY untuk melakukan penanaman mangrove dengan harapan agar bisa merestorasikan atau menumbuhkan kembali tanaman mangrove yang telah mati akibat dampak dari pembangunan di Kota Jayapura ini.

“Kami bermaksud menumbuhkan kembali hutan mangrove ini sehingga dapat berfungsi seperti seharusnya. Saat ini kami tanam 500 pohon sebagai awal dan kedepan kami berharap bisa melakukan kegiatan yang sama. Kami juga berterima kasih kepada Korem 172/PWY dan jajarannya yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring saat dihubungi menyampaikan bahwa penanaman mangrove tersebut sebagai bentuk dukungan Korem 172/PWY terhadap upaya Mahasiswa FMIPA Uncen untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan penghijauan pantai. 

“Kami dukung kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik ini dengan harapan membawa dampak positif bagi generasi muda untuk lebih cinta dengan lingkungan. Dalam momentum ini juga, marilah kita jadikan untuk melakukan perbaikan terhadap bumi kita dan kita menjadi bagian dari pemulihan bumi,” pungkasnya.(Penrem 172/PWY)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Kasdim Jayawijaya Hadiri Peresmian Gedung Kantor Wilayah Bogo, Monumen Baptisan Sulung GIDI dan Sembilan Honai Tokoh GIDI Kabupaten Mamberamo Tengah

Portalindonews.com, Wamena – Kasdim 1702/Jayawijaya Mayor Inf Romadlon menghadiri peresmian kantor wilayah bogo, monumen baptisan …