Viral, Aksi Prajurit TNI AD Gagalkan Percobaan Bunuh Diri Penumpang Kapal di Laut Natuna

PORTALINDONEWS.COM, Laut Natuna –  Aksi percobaan bunuh diri seorang penumpang Kapal KM Sabuk 80 yang terjun ke Laut Natuna di Perairan Selat Lampa, Pulau Tiga, Rabu (19/10/2022) sore sekitar pukul 15.30 Wib, berhasil digagalkan Pratu Edi Sudrajat Banjarnahor, Prajurit TNI AD dari Kodim 0318/Natuna, Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan. 

Tindakan heroik Pratu Edi ini pun viral di media sosial, dan mendapat banyak pujian dari berbagai pihak. 

Keterangan dirangkum Kepala Penerangan Kodam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, Kamis (20/10/2022) pagi menyebutkan, kejadian bermula saat Kapal KM Sabuk 80 tengah berlayar di Perairan Selat Lampa. 

Tiba-tiba sejumlah penumpang heboh melihat seorang pria terjun dari atas kapal ke dalam laut. 

“Pratu Edi yang juga melihat, langsung ikut terjun untuk menyelematkan penumpang nekat itu,” ucap Kapendam I/BB. 

Sementara penumpang lain langsung berkoordinasi kepada pihak kapal untuk memberitahukan peristiwanya.

Pihak Kapal KM Sabuk 80 yang mendapat laporan, segera mengambil tindakan. Kapten kapal menghubungi Mualim 1, Yusuf R, agar memutar haluan kapal kembali ke belakang.

Saat sudah dekat dengan lokasi kejadian, petugas keselamatan kapal segera terjun dengan menggunakan pelampung untuk membantu Prajurit TNI AD mengevakuasi korban ke atas kapal.

Di atas kapal, pelaku percobaan bunuh diri yang kemudian diketahui bernama PA, kelahiran Lirang Mempawah 05-02-1993, Kabupaten Landak ini langsung diberi pertolongan pertama. 

PA juga diketahui naik dari Pelabuhan Pontianak tujuan Pelabuhan Kijang, Tanjung Pinang, Kepri. Namun akibat peristiwa ini, PA terpaksa diturunkan di Pelabuhan Selat Lampa.

“Tindakan ini dilakukan pihak kapal guna mencegah kejadian tak diinginkan selama pelayaran menuju Pelabuhan Kijang,” jelas Kapendam I/BB.

Kepada Pratu Edi Sudrajat Banjarnahor, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melalui Kapendam I/BB menyampaikan apresiasi luar biasa atas sikap tanggap dan kepedulian dalam melindungi dan menyelamatkan nyawa Rakyat di sekitarnya.

Sumber: Pendam I/BB

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Masyarakat Dukung Upaya Tegas Penanganan OPM di Papua

Oleh Josephine Ramandey  Editor:  Ida Bastian  Portalindonews.com – Penyerangan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap …