Dandim 1702/Jayawijaya Sambut Kedatangan Ketua KPU RI di Yalimo

Portalindonews.com, Yalimo – Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang menyambut kedatangan Ketua KPU RI, Ilham Putra bersama rombongan di Bandar Udara Elelim, Distrik Elelim Kab. Yalimo, Rabu (26/1).

Kedatangan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI beserta rombongan tersebut dalam rangka memantau langsung Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo.

Setibanya di Kab. Yalimo, rombongan Ketua KPU RI menuju Sekretariat KPU Yalimo untuk melaksanakan Rapat Koordinasi terkait pelaksanaan PSU bersama Ketua KPU Yalimo, Dandim 1702/Jayawijaya, Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Pejabat Bupati Yalimo serta Kapolres Yalimo.

Ketua KPU RI, Ilham Putra mengatakan bahwa pihaknya datang untuk melihat dan memastikan PSU berjalan dengan baik. Sampai saat ini KPU Yalimo sudah menjalankan PSU sesuai proses dan ketentuan berkat dukungan Dandim, Kapolres bersama jajaran dan Pemerintah Daerah.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berupaya dalam mendukung pelaksanaan PSU ini sehingga berjalan aman dan lancar. Jika nantinya ada calon yang kurang puas terkait proses PSU karena adanya dugaan potensi kecurangan maka bisa dilaporkan sesuai prosedur,” katanya.

Dalam kesempatannya, Dandim 1702/Jayawijaya menyampaikan bahwa sebanyak 750 personel TNI dari Kodim 1702/Jayawijaya telah tergelar dan siap membackup kepolisian dalam tugas pengamanan demi kelancaran kegiatan PSU.

“Dukungan yang kami berikan ini sesuai dengan perintah Danrem 172/PWY untuk terus bersinergi dan membackup pihak Kepolisian dalam mengamankan jalannya PSU di Kab. Yalimo. Termasuk melakukan pendekatan secara humanis kepada para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat sehingga pemalangan jalan yang sebelumnya terjadi dapat diselesaikan, begitu pula dengan perbaikan jembatan penghubung dua kabupaten yang dirusak oleh OTK,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah jenuh dengan konflik yang terjadi di Kab. Yalimo dan ingin segera mempunyai pemimpin baru untuk membangun kembali Kab. Yalimo.

“Masyarakat berharap PSU ini merupakan yang terakhir sehingga proses membangun kembali Kab. Yalimo dapat segera terwujud,” tambahnya.

Setelah kegiatan Rapat Koordinasi, rombongan melakukan peninjauan ke TPS-TPS di Distrik Elelim. Adapun TPS yang dikunjungi yaitu TPS Kampung Sili dan TPS Kampung Bulmu Distrik Elelim.

PSU Yalimo ini diikuti dua pasangan calon yaitu Nahor Nekwek bersama John Wilil melawan pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel. (Sumber Penrem 172/PWY)

About Portalindonews

Check Also

Danrem 172/PWY Pimpin Panen Raya Dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1701/Jayapura

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Dedi …