Hadiri Rakernas ASDEKSI XII, Sekjen Kemendagri Ungkap Tiga Kunci Sukses Kepemimpinan

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengungkap tiga kunci sukses kepemimpinan pemerintah daerah. Suhajar menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam acara Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI) XII di Vasa Hotel Surabaya, Jumat (10/6/2022).

“Saya ingin katakan di forum yang terhormat ini, saya sangat senang bertemu dengan teman-teman ASDEKSI, oleh karena itu saya ingin menyampaikan tiga kunci sukses dalam pemerintahan daerah,” katanya.

Pertama, kepemimpinan kepala daerah dan DPRD yang mempermudah pelayanan di daerahnya. Suhajar mengatakan, pelayanan di daerah tidak bisa berjalan ketika DPRD tidak bersama-sama menggerakkan program unggulan di daerahnya masing-masing. Sebab banyak sekali program-program kepala daerah dan Sekretaris Dewan (Sekwan) yang perlu dilaksanakan bersama untuk mempermudah pelayanan.

Kedua, kapasitas kepala daerah, termasuk DPRD dan Sekwan. Karena itu, DPRD berperan mendukung program kepala daerah. Apabila bisa melahirkan kerja sama dan menjadi mitra yang sejajar, maka akan dapat membangun daerah.

“Mampukah Sekwan membuat itu dan membangun hubungan kerja? Jadi Sekwan ini kerjanya berat, Anda bagaikan pisau bermata dua, harus profesional, membangun hubungan antara DPRD dengan kepala daerah. Menjembatani hubungan antara DPRD dan kepala daerah dengan asas-asas yang berlaku,” tegasnya.

Ketiga, sukses tidaknya kinerja DPRD bergantung pada profesionalitas dan kapasitas Sekwan. Karena itu, Sekwan harus bekerja secara netral dan profesional dengan tidak mengikuti dinamika politik yang muncul.

“Sekwan selain memiliki kemampuan administratif, juga memiliki kemampuan politik, tapi tidak berpolitik,” terangnya.

Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

Antisipasi Pohon Tumbang, Babinsa Serma Ery Hendrawan Monitoring Giat Pemangkasan Pohon

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Babinsa Serma Ery Hendrawan anggota Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/Jakarta …