Maulidia Mahasiswi STIKES BUDI LUHUR Berperan Aktif Dalam Membantu Warga Terdampak Gempa Cianjur

PORTALINDONEWS.COM, Kab Bekasi  – Maulidia Mahasiswi STIKES BUDI LUHUR yang Tergabung Dalam Relawan Ambulan Sinergi Sejak Terjadi Nya Bencana Gempa Di Cianjur Bersama Rekan Rekan Membantu dibidang Layanan Kesehatan Kepada Warga Masyarakat Terdampak Bencana Alam Cianjur.(5/12/2022).

Relawan melakukan kegiatan mengkaji wilayah yang terkena bencana, jumlah korban dan kerusakan, kebutuhan sumber daya, keter- sediaan sumber daya serta prediksi perkem- bangan situasi ke depan. Relawan juga melakukan perbaikan/pemulihan darurat untuk kelancaran pasokan kebutuhan dasar kepada korban bencana.

Relawan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penanggulangan bencana,Kalau tidak hati-hati dalam melakukan pertolongan, penyelamatan dan evakuasi terhadap korban bencana maka bisa malah menimbulkan dampak buruk yang tidak diinginkan seperti kecacatan atau bahkan kematian.

bencana tidak hanya menimbulkan kerusakan fasilitas dan kerugian fisik namun juga berdampak pada kesehatan mental seperti timbulnya trauma. “Saat bencana puting beliung warga akan panik dan cemas. Salah satu teknik yang bisa dilakukan agar tetap tenang adalah dengan butterfly hug,” jelasnya.

(Rachmat)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tekan Inflasi, Pj Bupati Tapanuli Utara Melakukan Sidak Pasar 

Portalindonews.com, Taput – Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, M.AP didampingi Pj. …