Mendagri Tinjau Stan Dukcapil di Sail Tidore Expo 2022

PORTALINDONEWS.COM, Tidore – Mendagri Tito Karnavian menyempatkan diri berkunjung ke Sail Tidore Expo. Kedatangannya yang tiba-tiba sekitar jam 8 pagi itu, disambut petugas layanan di stan Dukcapil. Tito mengapresiasi kesiapan stan Dukcapil, sementara stan lain sebagian besar belum dibuka.

Setelah sekilas melihat-lihat, Tito bersama rombongan melaju ke tempat persiapan pembukaan Sail Tidore 2022 tak jauh dari expo. Turut hadir Sekretaris Ditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam bersama pejabat Kemendagri lainnya mendampingi Mendagri mengikuti gladi pembukaan yang berlangsung di Pantai Tugulufa.

Usai gladi, Mendagri memberikan beberapa catatan perbaikan, antara lain pentingnya klimaks dalam sebuah event yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (26/11/2022), dan dihadiri beberapa perwakilan negara sahabat itu, agar tidak hanya menghibur para pejabat.

“Yang lebih penting adalah menghibur masyarakat yang hadir dan membuat mereka penasaran, sehingga akan banyak orang yang berkunjung ke Tidore,” kata mantan Kapolri itu, Jumat (25/11/2022).

Berdasarkan pengalamannya menyelenggarakan event serupa, ada saja hal-hal detil yang luput dari perhatian yang berpotensi mengganggu kesuksesan acara, seperti tidak adanya bak sampah, kurangnya tempat parkir, hingga pengaturan lalu lintas kendaraan yang tidak terkendali.

Sementara itu, Dinas Dukcapil Tidore Kepulauan menyiapkan mobil layanan keliling SiJola (Si Jemput Bola dan Layanan Langsung), berdampingan dengan Stan Kemendagri di Sail Tidore Expo.

Di mobil keliling itu telah siap petugas dari Dinas Dukcapil Tidore dan Dinas Dukcapil Provinsi Malut membuka layanan adminduk. Adapun layanan yang bisa didapat masyarakat selama Sail Tidore 2022 berlangsung hingga 28 November 2022 adalah: Registrasi Digital ID atau identitas kependudukan digital, rekam cetak KTP-el, penerbitan akta kelahiran, atau cetak kartu keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Warga bisa ikut meramaikan event Sail Tidore 2022 sekaligus bisa bawa pulang dokumen kependudukan untuk keluarga dan anak-anak di rumah. Petugas juga siap berikan solusi jika ada warga yang mengalami kesulitan,” kata Sekretaris Ditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam yang hadir mewakili Dirjen Dukcapil.

Di hari kedua pelayanan ini, Hani kembali memastikan kesiapan petugas dan perangkat layanan agar masyarakat lebih nyaman, dan tidak ada kendala selama mengurus dokumen kependudukan. Menurutnya, kelancaran pelayanan Dukcapil adalah bagian dari kelancaran pelaksanaan Sail Tidore 2022. Dukcapil***

Rilis Pers Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

Tingkatkan Keamanan, Babinsa Koramil 01/Tamansari bersama Tiga Pilar Komsos dengan Warga Binaan

Portalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bersama tiga pilar tingkat Kelurahan Babinsa Koramil 01/Tamansari Kodim …