Para Tokoh Dibalik Layar, Bamsoet Apresiasi Pengurus dan Anggota IMI Sukseskan Gelaran MotoGP Mandalika

PORTALINDONEWS.COM, LOMBOK – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras para tokoh dibalik layar yang berperan suksesnya pagelaran MotoGP yaitu tim IMI dibawah koordinasi Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor/Roda Dua Sadikin Aksa, dan Direktur Olahraga Off The Road Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, beserta jajaran pengurus IMI roda dua dan keluarga besar IMI NTB dibawah kepemimpinan Ketua IMI NTB 2017-2021 Nur Haedin (Bang Edo) dan Ketua IMI NTB 2022-2026 Herman Mahaputra (Dokter Jack) yang telah menyukseskan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP. Dalam struktur MotoGP Mandalika Official Test dan Grand Prix of Indonesia yang dibentuk Mandalika Grand Prix Association (MGP), Sadikin Aksa dipercaya menjadi Chief of Racing Committee (CRC), sementara Eddy Saputra dipercaya menjadi Deputy 1 Racing Committee (DRC1).

“Sadikin Aksa, Eddy Saputra, dan seluruh jajaran pengurus IMI roda dua lainnya telah berbulan-bulan berada di Mandalika mengurus berbagai persiapan untuk menyukseskan MotoGP. Khususnya di bagian medical, race control, marshal lokal dan internasional, safety car, hingga menyiapkan lintasan sirkuit agar bisa digunakan untuk balapan MotoGP. Buah kerja keras mereka selama berbulan-bulan bersama berbagai pihak lainnya, didukung antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia, telah menghasilkam hasil yang spektakuler. Para pembalap, crew official team, penonton, dan bahkan media internasional banyak yang memberikan pujian,” ujar Bamsoet di Lombok, Senin (21/3/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, IMI memiliki peran besar dalam membantu mempersiapkan kebutuhan man power Marshal sebanyak 426 orang beserta kelengkapannya. Team IMI memberikan pengarahan, pelatihan dan sertifikasi untuk keseluruh 426 anggota Marshal. 

“IMI diminta oleh FIM dan DORNA berkoordinasi dengan pihak Sepang International Circuit (SIC) dalam hal standarisasi penyelenggaraan kegiatan motorsport, khususnya MotoGP. Para Marshal ini berasal dari Anggota IMI, komunitas motor, peminat kegiatan motorsport, serta anggota karang taruna dari berbagai daerah di Lombok dan NTB dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri dan lolos dalam proses screening dari pihak IMI,” kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan Selama empat bulan dari awal World Superbike (WSBK) digelar di Mandalika, seluruh Marshal yang direkrut dan ditraining oleh IMI ini dibekali berbagai kemampuan Marshal. Seperti pengetahuan dan pengaturan bendera, alur penanganan apabila motor jatuh, pemadaman kebakaran, track cleaning oil, evaluasi kegiatan dan masih banyak lagi.

“Hasilnya sebanyak 426 Marshal yang terlibat di pelaksanaan MotoGP Mandalika telah tersertifikasi dengan baik oleh FIM dan IMI. Ini membuktikan bahwa para Marshal yang dipersiapkan hanya dalam waktu 4 bulan telah mempunyai kelas pelaksanaan event motorsport international,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menambahkan, setelah sukses dalam penyelenggaraan perdana MotoGP setelah vakum selama 25 tahun, IMI juga siap kembali membantu MGPA dan pemerintah Indonesia untuk menyukseskan kontrak 10 tahun yang telah didapatkan Indonesia dari Dorna Sport untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Karenanya, walaupun secara keseluruhkan penyelenggaraan kejuaraan perdana MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit tersebut sudah sukses, evaluasi tetap diperlukan agar kedepannya kualitas penyelenggaran MotoGP di Indonesia bisa semakin baik.

“Sebagaimana ditegaskan Presiden Joko Widodo, evaluasi diperlukan mengingat MotoGP merupakan event jangka panjang. Kontrak yang didapat sudah sampai 10 tahun. Di setiap tahunnya, harus lebih baik lagi dan harus memberikan pengalaman yang lebih berkesan kepada para pembalap official team, media, hingga penonton,” pungkas Bamsoet. (*)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Tokoh Agama Ajak Elemen Masyarakat Jaga Perdamaian Pasca Pemilu

Oleh : Miya Dewi  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Pemilihan umum atau Pemilu merupakan salah …