Persiapan Pos jaga/Pantau Pemudik Desa Padang Kuas

PORTALINDONEWS.COM – SELUMA  -Salah satu bentuk upaya desa meredam penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19 adalah dengan membuat  Pos Jaga desa dan membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19. Pembentukan itu pun sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Dalam surat ini Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menjelaskan mengenai penggunaan dana desa untuk pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan  (PKTD). Salah satunya adalah dengan membuat Pos Jaga Desa dan pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19. Relawan Desa Lawan Covid-19 akan di-ketuai Kepala Desa dengan wakilnya Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sementara itu, sebagai mitra meliputi Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa.

Gus Menteri juga menjelaskan lima mengenai tugas relawan Pos Jaga Desa selama 24 jam. Pertama mendata dan memeriksa mobilisasi warga dan tamu. Kedua, mendata dan memeriksa kondisi kesehatan warga yang keluar masuk desa. Ketiga, mendata dan memeriksa warga desa yang baru datang dari luar desa atau luar daerah. Keempat, merekomendasikan warga desa dari luar desa/luar daerah untuk ditempatkan di ruang isolasi, kecuali yang dapat menunjukkan surat keterangan sehat dari instansi berwenang. Kelima, merekomendasikan warga yang kurang sehat (sebagaimana kriteria PDP) untuk ditempatkan di ruang isolasi.

 “ Pos jaga desa ini penting. Posisinya dimana?, di gerbang desa. Tugasnya adalah memantau mobilitas keluar masuknya warga,” tegasnya. Kemenkes mengatakan, pada pos tersebut disediakan formulir yang berisi catatan riwayat mobilitas warga desa, yang bisa diisi mandiri maupun diisikan oleh petugas pos jaga.

Desa Padang Kuas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, provinsi Bengkulu

Berikut suasana Persiapan Pos jaga/Pantau Pemudik Desa Padang Kuas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma.

Penulis: zul

About Portalindonews

Check Also

Tingkatkan Keamanan Wilayah, Babinsa Sertu Rusnanto Komsos bersama Petugas Linmas

PORTALINDONEWS.COM, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dengan petugas Linmas bersama warga juga Ojol Babinsa Koramil …