Prof. Zudan: MTQ Korpri Bertujuan Menyatukan Indonesia

PORTALINDONEWS.COM, Padang – Ketua DPN Korpri, Zudan Arif Fakrullah mengatakan bahwa MTQ adalah ajang menyatukan Indonesia. Demikian dikatakan saat memberi smabutan pada malam ta’aruf.

“Awalnya MTQ bukan untuk kompetisi, MTQ ada untuk memperkokoh persatuan, membangun ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah”, ujar Zudan di kantor Gubernur Sumatera Barat, minggu (6/11).

Dikatakan Zudan bahwa MTQ Korpri dari tahun ketahun semakin besar dan meriah. Bahkan saat ini banyak pemerintah kab/kota dan perguruan tinggi siap berpartisipasi.

Senada dengan Zudan, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara paling toleran di dunia.

“Indonesia merupakan bangsa paling toleran. Meski rentan karena Indonesia terdiri dari berbagai agama, budaya, bahasa, jajaran pulau namun Indonesia mampu menjaga harmoni semua itu karena nilai-nilai toleransi dipegang teguh bangsa Indonesia”, ujarnya.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap malam tarauf ini dapat mempererat seluruh kafilah yang turut hadir pada perhelatan dua tahunan ini.

Menyinggung pelaksanaan MTQ Korpri, Mahyeldi mengaku bersemnagat agar daerah yang dipimpinnya mendapat berkah al-Qur’an.

“Kenapa kami bersemangat? Agar mendapat berkah al-Quran, al-Quran tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat padang, sesuai dengan semboyan kami”, ungkapnya.

Juara 1 Kafilah Sumbar akan diguyur 200 jt

Dalam rangka memberikan perhatian dan dukungan terhadap para hafiz hafizah dan qari qariah dirinya berjanji akan memberikan hadiah untuk para juara 1 asal Sumatera Barat senilai 200 jt.

Tampak hadir Ketua panitia pusat yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Nizar, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar, Mantan Menteri Agama, KH. Said Agil Husin al-Munawar dan Direktur Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta, Prof Darwis Hude.

Hadir pula jajaran panitia pusat dan daerah, seluruh dewan hakim, pengawas dan panitera. Malam taaruf sendiri di awali dengan jamuan makan malam dengan menu masakan khas padang serta tarian selamat datang.

Pembukaan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2022 malam. Pada tanggal 7 pagi hingga sore terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan dewan hakim dan seminar al-Qur’an.

Rilis Pers Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

Ciptakan Kebersamaan, Babinsa Sertu Jumadi Komsos dengan Anggota LMK

Potalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Jalan Mangga Besar IX RT.09/RW.06, Kelurahan Tangki, …