RAMADHAN PERGI IBADAH JANGAN BERHENTI

Oleh Dr H. Muhammad Soleh Hapudin, M.Si

Portalindonews.com – Bulan Ramadhan adalah bulan Pendidikan ( syahrut tarbiyah yang mendidik kita agar terbiasa melakukan berbagai amal shalih, menjadi lebih baik dan meninggalkan segala maksiat yang merugikan diri sendiri. Harusnya setelah Ramadhan, seorang muslim menjadi lebih baik, akan tetapi ada juga orang yang setelah Ramadhan kembali menjadi buruk bahkan lebih buruk dari sebelumnya.  Namun pernak kah kita sadari bahwa mengerjakan hal tersebut seharusnya  bukan hanya di bulan Romadhan banyak di antara kita seakan akan baru mengenal Allah di bulan Romadhan. Datang ke  masjid melaksanakan sholat berjamaah baik yang wajib maupun Sunnah hanya di bulan Romadhan .Sholat lima waktu rajin  Subuh , Dhuhur, Asar , Magrib sampai Isya tak tertinggal di tambah sholat Sunnah baik Rawatib , Tahajud , Dhuha  dan lain sebagainya ,namun sayang itu ia kerjakan hanya di bulan Romadhan , Sebelas bulan yang akan datang ia tidak pernah kerjakan lagi begitu juga dalam hal membaca Al Quran , rajin membaca Al Quran hanya di bulan Ramadhan di luar Romadhan dia tidak pernah lagi membaca Al Quran

Pada hakikatnya puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang memiliki sejarah sangat panjang. Sebelum Allah swt mewajibkan puasa kepada umat muslim melalui Rasulullah saw, puasa telah menjadi tradisi umat-umat terdahulu. Allah telah mewajibkan, puasa kepada Yahudi selama 40 hari, kemudian umat nabi Isa selama 50 hari. Mengapa demikian, karena berpuasa merupakan jalur singkat mengenal Allah swt. Sesungguhnya lemahnya fisik yang timbul ketika berpuasa merupakan, kondisi yang sangat ideal untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena dengan fisik yang lemah, akan surutlah segala macam keinginan dan nafsu manusiawi. Dan ketika manusia telah terbebas dari nafsu, maka ia akan menjadi suci dan mudah berkomunikasi dengan Allah Yang Maha Suci. Berpuasa yang menjadikan lemahnya fisik, merupakan jalur termudah untuk membunuh dan mengurangi nafsu yang secara otomatis bisa dimanfaatkan untuk mempermudah diri mendekati Allah swt

Jika Ramadhan telah mengajarkan kita untuk mengenal Allah, maka Idul Fitri ibarat puncak tujuan bahwa kita betul-betul diharapkan sudah kembali mengenal Allah.  Setelah kita mengenal Allah, tugas terbesar saat ini adalah bagaimana cara merawatnya, jangan sampai kita hanya mengenal Allah hanya saat Ramadhan saja, sebagaimana yang disampaikan oleh seorang ulama saleh terdahulu yaitu Bisyr Al-Hafi:  ‎“Sejelek-jelek kaum adalah yang mengenal Allah di bulan Ramadhan saja. Ingat, orang yang saleh yang sejati adalah yang beribadah dengan sungguh-sungguh sepanjang tahun” (Lathaif Al-Ma’arif, h. 390)

Maka karenanya, jangan sampai ketika bulan Ramadhan yang lalu kita rajin shalat berjama’ah ke masjid namun ketika ia berlalu kita malah rajin shalat di rumah. Jangan sampai al-qur’an yang sering kita baca di bulan Ramadhan yang lalu sekarang malah kita letakkan di lemari, disusun rapi kemudian kita katakan: “Sampai jumpa di Ramadhan berikutnya.”  Tidak mengenal kata pensiun dalam beribadah.

Selama hayat dikandung badan selama itu pula kewajiban menyembah Allah ada di pundak kita. Ibadah tidak terhenti dengan berakhirnya Ramadhan, karena Allah berfirman: Sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu kematian.” (QS. Al-Hijr: 99). Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah menjelaskan tentang hakikat sebuah ibadah yang sesungguhnya, yaitu terus menerus tanpa henti meski hanya sedikit. Beliau bersabda: Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang paling continue meski hanya sedikit.” (HR. Muslim: 2818)

“Ungkapan ini adalah benar apabila mereka melalaikan kewajiban-kewajiban agama. Apapun jika tidak, ia hanya meninggalkan sebagian perkara ijtihad. Ungkapan ini adalah benar, akan tetapi maksudnya adalah meninggalkan hal-hal wajib, semisal shalat pada bulam Ramadhan kemudian ia tinggalkan shalat selain bulan Ramadhan, maka ini adalah sejelek-jelek kaum karena mereka telah melakukan kekafiran.”

Meninggalkan shalat sangat berbahaya karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “(Batas) antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.”. Yang sebelumnya melakukan shalat kemudian tidak melakukannya lagi diibaratkan pintalan yang rapi kemudian terurai dan tercerai berai.  Allah ta’ala berfirman, “Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali. (Qs. an-Nahl: 92)

Ibnu Taimiyyah berkata, “Barangsiapa bertekad meninggalkan maksiat di bulan Ramadhan saja, tanpa bertekad di bulan lainnya, maka ia bukan seorang yang bertaubat secara mutlak, akan tetapi ia hanyalah sekedar orang yang meninggalkan perbuatan maksiat di bulan Ramadhan. Puasa tetap di anjurkan, Menutup aurat tetap diperintahkan, Menjaga lisan tetap diterapkan, Membaca Al Qur’an tetap harus dirutinkan,, Shalat berjamaah tetap diwajibkan, Sedekah tetap ditunaikan,, Qiyamul Lail tetap harus dikerjakan, Berdoa tetap diperlukan,Dzikir tetap dirutinkan, Ganjaran amal shalih tetap terus berjalan, Finish beribadah bukan 1 Syawal, Finish ibadah bukan Hari Raya, Finish ibadah bukan ketika Ramadhan berakhir, Karena kita diperintahkan beribadah sampai mati, bukan sampai Idul Fitri. Makna Beribadah Sampai Yakin adalah Sampai Datang Ajal / Kematian  Allah Ta’ala berfirman,“Dan beribadahlah pada Rabb mu sampai datang kepada kalian yakin (ajal atau kematian).” (QS. Al-Hijr: 99)

Jadilah Rabbaniyun, Jangan jadi Ramadhaniyun,  Robbaniyun adalah orang yg semangat beribadah pada bulan Ramadhan, dan ia tetap terus semangat beribadah meskipun Ramadhan telah berakhir.  Sedangkan Ramadhaniyun adalah orang yg semangat beribadah pada bulan Ramadhan saja, sedangkan ketika Ramadhan selesai, Maka ia kembali malas bahkan meninggalkan kebiasaan ibadahnya. Justru Ramadhan hanya ia gunakan momentum sesaat untuk mengenal Allah dan setelah Ramadhan ia berniat untuk kembali bermaksiat kepada Allah dan melupakan Allah sebagai penciptanya. Allah yang kita sembah di bulan Ramadhan juga Allah yang kita sembah di luar bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, jangan sampai meninggalkan ibadah yang telah kita latih di bulan Ramadhan agar kita tidak menjadi manusia terburuk.

Syaikn Abdul Aziz bin Baz menjelaskan bahwa makna ungkapam ini adalah benar apabila mereka melalaikan kewajiban-kewajiban agama setelah ramadhan. Semisal Ramadhan rajin shalat dan memakai jilbab, namun setelah Ramadhan shalat bolong-bolong dan kembali melepas jilbab. Beliau menjelaskan, Dikatakan kepada sebagian ulama Salaf yg bernama Basyr Al-Hafi “Ada sebagian kaum, mereka beribadah dan bersungguh-sungguh melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan. Akan tetapi ketika Ramadhan berakhir, mereka pun meninggalkan amalan ibadah tersebut.”

Semoga Kita tergolong orang-orang yang tetap istiqomah, konsisten dan persisten  dalam menjaga nilai-nilai Ramadhan yang telah kita dapatakan selama 1 bulan untuk sebelas bulan yang akan dating. Bulan Romadhan adalah bulan Tarbiyah buat kita ummat Nabi Muhammad SAW, Agar kebiasan baik di bulan Romadhan yang kita lakukan akan menular untuk sebelas bulan yang akan datang . Baik itu sholat , tadarus Al Quran , bersedekah  dan lain sebagainya . Itulah ciri ciri orang yang mendapat gelar Takwa .Istiqomah dalam menjalan kan ibadah bukan musiman Yang hanya Mengenal Allah Di Bulan Romadhan

Penulis adalah: ( Ketua DPW Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI) Provinsi Banten, Litbang Majelis Dai Kebangsaan Provinsi Banten, Dosen Universitas Esa Unggul, Litbang Ikatan Doktor Ilmu Pendidikan Republik Indonesia (IDIP RI))

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Babinsa Koramil Duren Sawit Bersama Dinas Pertamanan dan Warga Bersihkan Lingkungan

Portalindonews.com, Kodim 0505/Jakarta Timur – Babinsa Koramil 08/Duren Sawit, bersama Dinas Pertamanan dan Warga, melaksanakan …