Tasyakuran Sumber Mata Air Kampung Adat Segunung Sediakan Air Minum Dari Tujuh Sumber Mata Air

PORTALINDONEWS.COM, Jombang -Dalam rangka tasyakuran dan ngruwat sumber mata air kampung adat segunung menyediakan tumpeng Sego gulung,seribu cangkir kopi dan seribu gelas susu,dan sediakan Air minum dari tujuh sumber mata air tak lupa snack khas segunung juga di sajikan yang tak lain adalah produk UMKM andalan kampung adat segunung,kegiatan ini di gelar di balai Ageng Giri Kedaton Segunung Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa timur,Sabtu (4/3/2023) sore.

Di hadiri:Hj,Wiwin Sumrambah Ketua PKK kabupaten Jombang, flora Penali kehati,CDK nganjuk bersama tahura,Exsplor wonosalam,KPHRSS,tokoh masyarakat Kampung Adat Segunung

Tampak terlihat di lokasi para undangan yang hadir menikmati Sego gulung dan minum kopi atau susu secara gratis di kampung adat segunung,sembari memandang panorama alamnya yang indah,juga di suguhkan ragam budaya tradisional karawitan bocah segunung berupa tarian tradisional dari group tari Cahyo manunggal yang khas dari kampung adat segunung,kegiatan ini juga jadi primadona bagi pengunjung. Salah satunya, nasi atau sego gulung yang di bungkus dari daun pisang. Bagi pecinta kuliner,

Selain menghadirkan rasa dan sensasi yang khas, nasi tradisional ini merupakan budaya yang diwariskan nenek moyang secara turun-temurun dan hingga kini masih dipertahankan warga yang tinggal di lereng Gunung Anjasmoro ini.

Supi’i ketua kampung adat segunung di sela sela kegiatan Bancakan Sego gulung ini 

termasuk ngruwat sumber mata air yang berada di kawasan kampung adat segunung,Bancakan Sego gulung ini sebagai ucapan dan rasa syukur Alhamdulillah Alloh SWT telah memberikan sumber mata air yang melimpah bagi warga kampung adat dan sekitarnya sehingga dapat di nikmati ” paparnya.

Ia menjelaskan pelaksanaan Bancaan Sego Gulung ini melibatkan semua warga kampung adat Segunung secara sukarela, nasi gulung itu merupakan makanan khas warga adat Segunung. Nasi atau warga sering menyebut Sego gulung itu sejak dulu dadi zaman nenek moyang sudah di buat untuk bekal warga untuk beraktifitas ke kebun atau beraktifitas ke dalam hutan.

Ia mengaku tersedia ratusan sego gulung berbentuk tumpeng yang merupakan makanan khas adat kampung Segunung. Selain itu, akan ada acara ritual di 7 sumber mata air di kampung adat Segunung.

“Untuk yang diritualkan itu baru 7 sumber mata air yang dijadikan satu kemudian kita ritualkan sebelum proses Bancaan Sego Gulungnya,” katanya.

“Yang jelas kita siapkan 1000 cangkir kopi dan susu gratis untuk wisatawan yang berkunjung. Kopinya kopi robussta dan susu dari peternakan warga, serta 150 tumpeng nasi gulung,”pungkas Supi’i ketua adat.

(Angga)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Danrem 172/PWY Pimpin Panen Raya Dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1701/Jayapura

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Dedi …