Tiga Kampus Negeri di Geledah KPK, Hasilnya Sungguh Mengejutkan

PORTALINDONEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru (maba) 2022 di Universitas Negeri Lampung (Unila).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya telah rampung menggeledah tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait penyidikan kasus yang menjerat eks Rektor Unila, Karomani.

“Sebagai tindak lanjut pengumpulan alat bukti untuk perkara ini, tim penyidik sejak 26 September 2022 sampai dengan 7 Oktober 2022 telah selesai melaksanakan penggeledahan di tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” kata Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10/2022).

Ali menjelaskan, tiga PTN yang digeledah lembaga antirasuah, yakni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Riau, Pekanbaru dan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Penggeledahan difokuskan di ruang kerja rektor.

“Adapun tempat penggeledahan di tig PTN tersebut, di antaranya adalah ruang kerja rektor dan beberapa ruangan lainnya,” jelas Ali.

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan, dalam penggeledahan tersebut, ditemukan dan diamankan barang bukti elekronik serta dokumen. Barang bukti itu diduga terkait dengan penerimaan mahasiswa baru, termasuk seleksi mahasiswa dengan jalur afirmatif dan kerja sama.

“Bukti-bukti dimaksud akan dianalisis dan disita serta dikonfirmasi lagi pada para saksi maupun tersangka, untuk menjadi kelengkapan berkas perkara,” tandasnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya terkait penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila) pada 2022.

“Dengan telah dilakukannya pengumpulan berbagai informasi dan bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi dimaksud kemudian berlanjut ke tahap penyelidikan yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, maka KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan empat tersangka,” ucap Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, seperti dilansir Indozone dari ANTARA.

Sebagai penerima, yakni Rektor Unila Karomani (KRM), Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi (HY), dan Ketua Senat Unila Muhammad Basri (MB/red)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

8 Pelanggar Pedagang Kaki Lima di berikan Sanksi Kartu Kuning dari Satuan Polisi Pamong Praja KecamatanTamansari

  Jakarta ,Portalindonews.com – Satuan Polisi Pamong Praja Tamansari terus gencarkan operasi penertiban pada pedang …