Presiden Jokowi : PYCH Wujud Nyata Kehadiran Negara di Papua

Portalindonews.com, Jayapura – Presiden Jokowi telah meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Selasa (21/3). Gedung PYCH merupakan ikon kaum muda Papua untuk maju dengan kreatifitasnya. Berbagai bidang dapat dikembangkan di PYCH mulai dari bidang kerohanian, UMKM, Industri kreatif, Pendidikan, kesenian budaya hingga kesehatan.

Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangganya, atas terwujudnya permintaan 23 anak muda Papua yang berhasil tercapai. Ini adalah yang pertama di Papua, dan ini agar juga dibangun di Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Maluku dan Aceh.

“Saya merasa sangat bangga karena permintaaan 23 anak muda Papua dapat kita lihat bersama di PYCH Jayapura. Saya juga minta agar dibangun di NTT, Papua Barat, Maluku dan Aceh. Keberadaan PYCH diharapkan dapat memberikan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat di Papua,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengaku kaget karena semuanya ada di dalam Gedung PYCH, mulai dari pembuatan laptop, hp, studio podcast, studio fotografi dan juga memamerkan produk-produk UMKM di Tanah Papua.

“Jangan-jangan anak-anak muda lainnya di Indonesia bisa ketinggalan dengan anak muda di Papua,” tutur Presiden.

Presiden berharap dengan diresmikannya Gedung PYCH dapat menjadi wadah bersama kaum muda Papua sehingga bermunculan pemuda dan pemudi Papua yang berkualitas dan unggul diberbagai bidang. Pembangunan gedung PYCH merupakan wujud nyata kehadiran negara di Papua.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan mengatakan Papua memiliki tempat khusus dihati presiden dengan perhatian khusus, termasuk pembangunan dan pengembangan SDM putra putri Papua. Oleh sebab itu mereka semakin mencintai Presiden.

“Papua miliki tempat khusus dihati Presiden dengan perhatian khusus pembangunan termasuk pembangunan SDM Papua dan pengembangan SDM putra putri Papua. Mereka semakin mencintai Presiden,” kata Budi Gunawan.

Kepala BIN juga menambahkan bahwa peresmian PYCH merupakan komitmen Presiden Jokowi membangun pusat talenta anak muda Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua. Pihaknya juga optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM pemuda pemudi Papua.

“Peresmian PYCH bentuk komitmen presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor penggerak ekonomi dan kesejahteraan Papua. PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM pemuda pemudi Papua,” ujar Kepala BIN Budi Gunawan.

Selain itu juga secara bersamaan dengan majunya kreatifitas kaum muda Papua menggunakan fasilitas PYCH, maka kesejahteraan juga harus meningkat, sehingga kreatifitas anak muda Papua dapat tersalurkan seimbang sehingga secara otomatis dapat berimplikasi positif melalui peningkatan perekonomian.

Seperti diketahui, PYCH merupakan fasilitas yang diinisiasi pemuda Papua bekerja sama dengan BIN sebagai wadah pengembangan talenta muda agar dapat berkreasi memajukan Papua dan Indonesia. *

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Danrem 172/PWY Pimpin Panen Raya Dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1701/Jayapura

PORTALINDONEWS.COM, Jayapura – Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan, Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Dedi …