Gedung PYCH Menjadi Prioritas Pembangunan Di Tanah Papua

Portalindonews.com, Papua – Pembangunan saat ini bersifat Indonesia sentris dan bukan lagi Jawa sentris. Dan Tanah Papua menjadi prioritas pembangunan. Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi dalam Peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Selasa (21).

“Kenapa Papua Youth Creative Hub ini kita bangun, kita ingin memberikan kesempatan anak muda kita yang memiliki kreativitas yang bergerak di banyak bidang, semuanya memiliki kesempatan,” tutur Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, peluang di Tanah Papua imasih sangat besar, untuk anak-anak muda bisa masuk, sehingga diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan pada masyarakat Papua.

Presiden Jokowi juga mengaku kaget melihat karya pemuda Papua yang ada di PYCH ini, mulai dari pembuatan handphone, laptop, podcast, studio musik, fotografi, dan juga produk-produk yang ada di Tanah Papua dengan kemasan dan branding yang sangat bagus sekali.

“Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak muda di Provinsi lain ketinggalan dengan anak muda di Papua,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Tokoh Muda Papua George Saa memberikan apresiasi paling tinggi untuk peresmian Papua Youth Creative Hub oleh Presiden Jokowi. Dirinya juga mengapresiasi peranan Badan Intelijen Negara (BIN) karena terus memberikan pendampingan kepada generasi muda Papua untuk berkembang.

George Saa mengungkapkan apresiasi mendalamnya kepada Presiden RI, Joko Widodo atas kepedulian beliau meresmikan Papua Youth Creative Hub.

“Saya menyampaikan apresiasi yang mendalam untuk kepedulian Presiden Jokowi dengan membangun Papua Youth Creative Hub,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya peresmian PYCH tersebut, maka ke depannya mampu terus mendorong banyak program untuk pengembangan teknologi hingga inovasi produk-produk lokal.

Baginya, dengan adanya PYCH, maka sama saja telah terbangun sebuah rumah besar untuk terus mendorong kemajuan generasi muda di berbagai bidang mereka masing-masing.

Bukan hanya kepada Presiden Jokowi, namun Tokoh Muda Papua tersebut juga memberikan apresiasi tinggi kepada BIN di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan.

Menurutnya, hadirnya BIN sangat efektif terus mendorong semua generasi muda Bumi Cendrawasih untuk bekerja dan menciptakan produk-produk unggulan UMKM.

Dalam acara peresmian Gedung PYCH di Jayapura, Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., mengatakan bahwa Papua miliki tempat khusus dihati Presiden, dengan perhatian khusus terhadap pembangunan SDM Papua dan pengembangan SDM Putra Putri Papua.

“Tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden di Papua mencapai 80 persen menjadi angka rata – rata tertinggi secara nasional. Melalui peresmian PYCH akan menjadi Legacy Tinta Emas Presiden di Papua,” ungkap Kepala BIN.

Kepala BIN juga mengingatkan bahwa Menteri Keuangan masih ada PR pembangunan PYCH dibeberapa tempat lagi seperti Papua Barat dan Aceh, apalagi PYCH akan menciptaan lapangan pekerjaan pengembangan bisnis dan ekonomi serta seni budaya

“Visi misi PYCH menjadi motor penggerak dengan kemitraan berbagai stake holder. Kami optimis PYCH hasilnya dapat mendunia dengan pengembangan SDM Pemuda Pemudi Papua,” tutur Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan.

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad Laksanakan Pengobatan Untuk Anak Papua

PORTALINDONEWS.COM, Intan Jaya – Tim Kesehatan Satgas Mobile Yonif 509 Kostrad memberikan pelayanan kesehatan kepada …