Aktif Berorganisasi Sejak Muda, Ganjar Pranowo Miliki Jiwa Kepemimpinan Matang

Oleh : Galih Firmansyah 

Editor: Ida Bastian

Portalindonews.com – Tak perlu diragukan lagi calon presiden usungan PDI Perjuangan satu ini, Ganjar Pranowo yang memiliki banyak latar belakang kepemimpinan yang baik, dirinya bahkan aktif berorganisasi sejak masih muda, sehingga jiwa kepemimpinan tersebut sudah terbentuk dan sangatlah matang, sebab inilah dirinya dianggap mampu menjadi pemimpin Indonesia berikutnya.

Jiwa kepemimpinan seseorang memang tidak lahir begitu saja, soft skill tersebut memanglah harus diasah mulai dini, sama seperti calon presiden Ganjar Pranowo yang mengasah jiwa kepemimpinannya sejak masih muda. Tak sia-sia, hasil yang diperolehnya hingga di titik ini dirinya menjadi pemimpin Provinsi Jawa Tengah, kemudian dicalonkan sebagai pemimpin negara Indonesia.

Kepemimpinan Ganjar Pranowo yang hingga saat inipun diakui oleh Ketua DPP Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Partai Perindo, Yusuf Lakaseng. Menurutnya, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang mudah bergaul dan merakyat. Sejak mahasiswa, jiwa kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu sudah ditempa, tumbuh dari bawah, dan kemampuannya bukan main-main lagi.

Yusuf Lakaseng juga menambahkan bahwa Ganjar aktif berorganisasi pecinta alam di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sama seperti Presiden Joko Widodo, sehingga keduanya dinilai memiliki kesamaan visi dan misi, bahkan karakter yang merakyat. Keduanya sama-sama pernah menjadi aktivis pecinta alam di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan memiliki latar belakang pecinta alam, Ganjar bisa membangun lingkungan dengan kesadaran dan cinta terhadap alam yang kuat sebagai sosok pemimpin. Pasalnya, apabila pembangunan ekonomi tidak dibarengi dengan kesadaran pelestarian alam, juga akan menimbulkan dampak-dampak negatif seperti eksploitasi yang berlebihan hingga rusaknya alam yang dapat membahayakan keberlangsungan makhluk hidup. Maka dari itu, dengan latar belakang yang dimilikinya ini memiliki manfaat yang luar biasa. Bagaimana tidak, memang dibutuhkan keseimbangan antara lingkungan dan manusia bukan? Sehingga, apabila keduanya seimbang, bisa mencapai keharmonisan.

Meskipun dengan latar belakang pecinta alam, namun Ganjar Pranowo juga berhasil menurunkan angka stunting di Provinsi Jawa Tengah yang dipimpinnya itu. Artinya bahwa, Ganjar memang tak hanya fokus pada satu sektor saja, melainkan di berbagai macam sektor pun bisa dicakup olehnya. Hal-hal seperti inilah yang membuat dirinya mendapatkan elektabilitas tinggi di mata masyarakat atas kerja kerasnya untuk membangun kesejahteraan dan sebagai pemimpin yang bertanggung jawab.

Sebab hal tersebut, Partai Perindo memberikan apresiasi kepada calon presiden dari PDI Perjuangan itu yang berhasil menurunkan angka stunting dengan baik dan bahkan terjun langsung ke lapangan untuk memastikan agar program yang dibuatnya ini berjalan dengan baik. Untuk mengentaskan angka stunting memang tak hanya di daerah saja, melainkan sudah seharusnya hal ini menjadi skala nasional.

Untuk itu, menurut Juru Nasional DPP Partai Perindo, Ike Julies Tiati pemerintah pusat bisa memulai menurunkan angka stunting dari tingkat desa, seperti halnya yang dilakukan oleh Gubernur Jateng itu. Program yang diusung oleh pemimpin yang identik dengan rambut putih ini dianggap bagus sehingga, bisa menjadi contoh dan diimplementasikan di seluruh daerah Indonesia.

Pasalnya, stunting merupakan persoalan yang memang harus diselesaikan dengan sesegera mungkin. Seluruh pihak terbawah yakni, posyandu juga memiliki peran penting untuk menurunkan stunting agar berjalan dengan maksimal. Sebagai informasi tambahan, penurunan stunting di Jawa Tengah sudah dimulai dari tingkat desa, Ganjar Pranowo sebagai pemimpin itu langsung terjun ke lapangan untuk memastikan programnya berjalan dengan baik.

Sementara itu, dalam kesempatan lain, Ganjar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang, termasuk Presiden Joko Widodo yang dikatakan juga turut mendukung Ganjar. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi membentuk Tim 7 untuk mengembangkan strategi pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Lebih lanjut, Hasto menambahkan, Presiden Jokowi dianggap ‘cawe-cawe’ dalam mengatur strategi komunikasi dan narasi besar untuk Ganjar, dukungan tersebut berbentuk pembentukan Tim 7 yang sudah memasuki rancangan adanya mesin ide. Mesin ide ini nantinya akan mengerluarkan narasi-narasi kepemimpinan Ganjar sebagai penerus Presiden Joko Widodo.

 Akan tetapi, nama-nama dalam Tim 7, bentukan Presiden Jokowi itu masih dirahasiakan. Meskipun demikian, Hasto membocorkan sedikit bahwa Tim 7 tersebut merupakan orang-orang yang sudah mendampingi kepemimpinan Jokowi, setidaknya dalam 7 tahun ke belakang. Bahkan, mereka terlibat secara aktif dalam membangun komunikasi yang aktif dari Pak Jokowi ke rakyat. Bocoran lainnya yakni, anggota tersebut berasal dari berbagai kalangan, diantaranya profesor, pakar sosial media, ahli branding, hingga pembuat humor.

Kendati demikian, sosok Ganjar Pranowo bukan hanya mendapatkan dukungan lantaran dari sisi politik saja, melainkan memang kemampuan dan prestasi yang dimilikinya itulah yang mengantarkan dirinya hingga saat ini. Sehingga, tak heran jika jiwa kepemimpinannya yang ditempa dari bawah itu kini telah matang dan siap memimpin Indonesia periode berikutnya.

Penulis adalah kontributor Gerakan Ganjar Pranowo Menang (Gagasan)

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

BIN Perkuat Pilar Ekonomi Masyarakat Aceh Melalui Program AMANAH

Oleh : Teuku Reza Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Badan Intelijen Negara (BIN) terus memperkuat …