Dinilai Berani dan Bernyali, Tokoh Intelektual Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres

Oleh : Adiatma Rajendra Kusna
Editor: Ida Bastian
Sosok pemimpin hebat tentunya membutuhkan jiwa yang bernyali tinggi dan berani terhadap tantangan apapun, termasuk masalah-masalah kompleks di suatu negara. Seseorang yang digadang-gadang memiliki jiwa tersebut bagi IKA Muda Unpad yaitu Ganjar Pranowo. IKA Muda Unpad dengan tegas menyatakan kekagumannya kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.
Memimpin Indonesia tidaklah mudah, oleh sebab itu membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki keberanian. Terutama untuk memberantas para koruptor, mafia politik, hingga oligarki yang jahat dan memiliki kepentingan sendiri. Menurut Ketua Umum IKA Muda UNPAD, Fuad Rinaldi mengatakan bahwa dirinya bangga ketika Pemimpin RI 1, Jokowi menyampaikan secara gamblang mengenai keberanian Ganjar yang layak menjadi pemimpin berikutnya.
Dirinya juga mengamini bahwa, dengan latar belakang masalah di Indonesia yang sedemikian rupa itu sehingga membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki tipikal-tipikal pemberani dan bernyali seperti Jokowi dan Ganjar Pranowo. Bahkan, Fuad juga menyampaikan jika pihaknya sudah memberikan gelar Anggota Kehormatan IKA Muda Unpad kepada Gubernur Jawa Tengah itu di beberapa waktu yang lalu.
Apresiasi yang disampaikan IKA Muda Unpad ini jelas memberikan efek besar yang nantinya akan memunculkan alumni lintas kampus yang turut memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI Periode 2024-2029. Fuad menambahkan bahwa dirinya melihat ada nuansa dan suasana batin yang sama terhadap sosok Ganjar Pranowo dari alumni muda lintas kampus. Mereka juga memiliki slogan khusus yakni ‘Tuanku Ya Rakyat’.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian IKA Muda Unpad, Ardhi M Wiraatmadja turut menyatakan bahwa sudah sepantasnya alumni muda Unpad berbangga hati terhadap kehadiran Ganjar Pranowo yang telah resmi menjadi Anggota Kehormatan Alumni Muda Unpad.
Bagi Ardhi, sosok Ganjar Pranowo memiliki komunikasi yang luwes serta pembawaan yang baik sama seperti Presiden Joko Widodo. Selain itu, Ganjar juga memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan serta dapat mengomunikasikan setiap ide dan gagasannya hingga pada level terbawah di birokrasi.
Sosok pemimpin memang tidak hanya membutuhkan elektabilitas yang tinggi saja, namun juga memiliki jiwa-jiwa pemberani serta nyali yang kuat untuk membangun suatu negara. Besar harapan bagi IKA Muda Unpad terhadap alumni muda lintas kampus agar berani mengekspresikan aspirasi mereka atas kepempimpan di suatu negara. Pasalnya, hal ini bagian dari hak politik yang memang sudah dilindungi oleh undang-undang negara kita.
Sementara menurut Ganjar, pujian keberanian Joko Widodo diakuinya saat hilirisasi Indoneisa digugat oleh Uni Eropa dan masuk WTO, kemudian melawannya menjadi salah satu bentuk keberanian Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi. Ini demi mewujudkan mimpi besar kita sebagai bangsa yang berdikari di bidang perekonomian, sehingga nantinya Ganjar terus berupaya melakukan terobosan baru untuk menangani kemiskinan di Indonesia yang sebenarnya sudah ia buktikan saat memimpin Provinsi Jawa Tengah.
Sebelumnya, Alumni Universitas Airlangga Surabaya beberapa waktu yang lalu juga sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Bacapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang melalui Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JAKA). Menurut Ketua Ksatria Airlangga, Teguh Prohandoko, bahwa Ganjar Pranowo adalah sosok yang mampu dan berkomitmen untuk meneruskan program-program Jokowi, khususnya terkait dengan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Mereka juga akan melakukan komunikasi aktif dengan perguruan tinggi yang lain hingga mengklarifikasi berita-berita hoax dan kampanye hitam yang dapat menjerumuskan.
Teguh juga menyampaikan jika dukungan organisasi yang beranggotakan alumni Unair, profesor, doktor, hingga para profesional mulai daerah, nasional, hingga Internasional siap membantu Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sosok Ganjar yang memiliki banyak pendukung dari berbagai kalangan mulai rakyat biasa, akademisi, TNI-Polri, youtuber, artis, hingga kaum milenial turut memberikan dukungan penuh terhadap Ganjar Pranowo yang dinilai mampu meneruskan cita-cita Pak Jokowi untuk membangun negeri ini.
Sudah selayaknya Indonesia mendapatkan sosok pemimpin yang memiliki keberanian besar dan nyali tinggi untuk mengatasi berbagai persoalan kompleks, bahkan melanjutkan visi dan misi Presiden Joko Widodo. Sosok tersebut adalah Ganjar Pranowo yang memiliki banyak prestasi unggul dan dinilai mampu melanjutkan program kerja Jokowi.

Penulis adalah alumni Fisip Unpad

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Wujud Kepedulian Babinsa Koramil 1709-4/Ansus Bantu Warga Membuat Perahu

PORTALINDONEWS.COM, Yapen ~ Babinsa Koramil 1709-4/Ansus Kodim 1709/Yawa Serda Yance Pikei membantu warga binaannya membuat …