Rumah Observasi Indonesia Internasional ( ROII ) Siap Mendukung Asesmen Nasional 2021.

PORTALINDONEWS.COM, JAKARTA “Merdeka Belajar” yang di canangkan oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim,B.A..,M.B.A Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah bergaung sejak pelantikan Beliau oleh Presiden Ir. Joko Widodo. Empat kebijakan “Merdeka Belajar” yakni :
1. Mengganti USBN dengan ujian ( asesmen ) yang di selenggarakan hanya oleh pihak sekolah
2. Menghapus format Ujian Nasional ( UN ) dan menggantinya dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran.
3. Menyederhanakan RPP hanya menjadi satu halaman saja.
4. Memberikan fleksibilitas dalam sistem zonasi dan PPDB.

Kebijakan “Merdeka Belajar” poin kedua yang menjadi perhatian Rumah Observasi Indonesia International sebagai mitra sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan untuk membantu guru – guru mempersiapkan anak-anak pelajar kelas V SD, Vlll SMP, Xl SMA , Xl SMK sederajat untuk siap di Asesmen dengan harapan mendapatkan penilaian “mahir” ataupun “cakap”. Untuk mencapai hal tersebut ada dua strategi yang dikembangkan oleh ROII, yakni :
1. Pelatihan guru – guru untuk mengetahui tips dan trik menjawab soal AKM begitu juga perakitan soal AKM untuk kepentingan AN ( Asesmen Nasional ) maupun AK ( Asesmen Kelas ).
2. Membiasakan siswa – siswi peserta AN mengerjakan soal AKM (Asesmen Ketuntasan Minimal ) yang terdigitalisasi dalam tes try out AKM 2021.

Rumah Obsevasi Indonesia Internasional beralamat di Gedung Educenter – Commercial International School Jalan Sekolah Foresta No. 8 BSD City Telp. (021) 50912883 Email : [email protected] Web : www.belajarroii.com WA : 082363042968 Pendiri dan Pemilik ROII adalah dr. Hanjaya, M. Biomed.M.K.M..,M.H..,AIFO-K.

 

Tentang ROII

ROII merupakan mitra sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. ROII bergerak di dalam pembelajaran untuk persiapan dan pelatihan anak – anak yang akan mengikuti kompetisi Matematika, Sains , English, dan seterusnya untuk tingkat kotamadya / kabupaten, Provinsi, Nasional, bahkan Internasional serta menyelenggarakan prediction TOEFL / TOEIC / EILTS yang bertujuan sebagai diagnostik test maupun pra test sebelum mengikuti TOEFL / TOEIC / EILTS sesungguhnya. Begitu juga untuk prediction TOEFL Primary untuk siswa SD dan prediction TOEFL Junior untuk siswa SMP serta persiapan AKM Nasional untuk kelas SD V, SMP Vlll, SMA XI, SMK XI sederajat.

Visi ROII :

Keilmuan, Pengabdian, Kesetaraan Menuju Kompetisi Nasional dan Internasional Demi Indonesia Maju.

Misi ROII :

1. Memperkenalkan dan memelihara semangat keilmuan Matematika, IPA, dan bahasa English Dari SD – SMP – SMA – sederajat.
2. Menumbuhkan semangat kompetitif yang sehat diantara peserta didik.
3. Melayani dari kota besar hingga kota kecil bahkan pelosok negeri dalam hal peningkatan Mutu Sekolah Khususnya dalam kompetisi dan program assesment nasional ( AKM, Survei )
Karakter dan Survei Lingkungan Belajar serta assesment international seperti TOEFL / EILTS / TOEIC untuk SMA / SMK. SertaTOEFL Primary ( Untuk SD ) dan TOEFL Junior ( Untuk SMP ).
4. Mendorong peserta didik berani untuk ikut serta dalam kompetisi lokal,daerah, nasional bahkan Internasional.
5. Meningkatkan peringkat Indonesia dalam PISA ( Program for International Student Assessment ) dan TIMSS ( Trends in International Mathematics and Science Study ) serta memperkenalkan dan mempersiapkan peserta didik untuk sukses dalam Asesmen Nasional ( AN ) 2021.

ROII berkomitmen membantu sekolah – sekolah di mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat dalam pelatihan / workshop guru – guru terkait pengembangan soal AN ( Asesmen Nasional ) dan AK ( Asesmen Kelas ) yang terdiri dari tiga instrument, yakni Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) yang terdiri dari Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, Survei Lingkungan Belajar sehingga para guru siap untuk mengenalkan dan mempersiapkan para siswa – siswi untuk sukses dalam mengikuti Asesmen Nasional di bulan September dan Oktober 2021.

Tes Try Out AKM 2021 dilaksanakan secara online dengan menggunakan gadget siswa berupa smartphone ataupun laptop bertujuan untuk :

1. Mempersiapkan para siswa untuk mengikuti AN 2021 sedini mungkin.
2. Memperkenalkan lima bentuk pengerjaan soal dalam AN
3. Membiasakan siswa dalam pengerjaan soal literasi dan numerasi yang merupakan lintas mata pelajaran sekolah dan juga survey karakter serta Survey Lingkungan Belajar dalam bentuk digitalisasi.

Workshop AN 2021 dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 secara ketat / online bertujuan untuk :

1. Memperkenalkan apa itu AKM Nasional dan AKM Kelas kepada para guru.
2. Memperkenalkan lima bentuk pengerjaan soal dalam AKM.
3. Memperkenalkan konten, konteks stimulus, level kognitif untuk literasi dan numerasi.
4. Berbagi “Strategy and skill” untuk menjawab soal literasi dan numerasi
5. Cara pembuatan soal AKM kelas maupun prediksi AN 2021.

(LUCKY SUN)

About Portalindonews

Check Also

Tim Kemanusiaan BIN Berikan yang Terbaik bagi Korban Gempa Cianjur

Oleh : Deka Prawira Editor : Ida Bastian Portalindonews.com – Tim Kemanusiaan BIN melakukan penyisiran …