Aksi Cepat Tanggap, Satgas Yonif 310/KK Evakuasi Warga Yang Mengidap Sakit TBC

PORTALINDONEWS.COM, Keerom ~ Satgas Yonif 310/KK mengevakuasi Hana Ambakir (38) warga Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua yang menderita sakit Dypsneu e.c Tuberculosis Paru (TBC) ke Rumah Sakit, Jumat (25/8/2023).

Evakuasi salah seorang warga tersebut dipimpin langsung Komandan Kompi 2, Lettu Inf Subhanudin dan Dokter Batalyon Yonif 310/KK Letda Ckm dr Rizky Ananda Prawira Marpaung.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan evakuasi yang dilakukan adalah salah satu tindak lanjut dari pelayanan kesehatan door to door yang dilakukan oleh Satgas Yonif 310/KK. Dalam pelaksanaan tersebut, didapati kondisi salah satu warga yang menderita TBC cukup memprihatinkan.

“Hal ini yang mendorong Dokter Yonif 310/KK Letda Ckm dr Rizky Ananda Prawira Marpaung untuk bertindak cepat,” ujar Dansatgas.

Dansatgas menjelaskan, Hana Ambakir yang menderita Dypsneu e.c Tuberculosis Paru atau yang lebih dikenal dengan sebutan TBC. Namun, sejak sepekan terakhir kondisinya semakin memburuk.

“Hana ini seorang ibu rumah tangga yang memiliki 4 anak dan bersuami dengan mata pencaharian berkebun. Satgas Yonif 310 melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan setempat untuk melakukan evakuasi ke Rumah Sakit agar dapat di tangani lebih intensif,” tambahnya.

Dokter Batalyon Letda Ckm dr Rizky Ananda Prawira Marpaung menambahkan, pasien memiliki penyakit TBC paru kurang lebih 3 bulanan. Kemudian mengalami sesak napas yang berat dan mengganggu aktivitas.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut dokter, didapatkan saturasi oksigen didalam darah pasien 78%, yang berarti pasien harus segera mendapatkan penanganan di Rumah Sakit. “Karena jika tidak segera dan dibiarkan terlalu lama, akan menyebabkan kerusakan organ vital hingga penurunan kesadaran,” jelas Dokter Satgas.

Proses evakuasi menggunakan kendaraan Ambulance Satgas Yonif 310/KK, pasien dijemput langsung dari rumahnya untuk segera dibawa ke RS Waingga yang jaraknya 160 KM dari Kampung Yabanda.

Sementara itu, Kepala Kampung Bapak Martin Wafner (54) mengucapkan terima kasih atas kesigapan Satgas Yonif 310/KK membantu warganya yang sedang sakit.

“Puji Tuhan, warga kami yang sedang sakit dapat di evakuasi ke Rumah Sakit, semoga Hana membaik dan segera pulih,” ungkap Kepala Kampung.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

About Portalindonews

Check Also

Papua Bagian NKRI Kunci Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan Bangsa

Oleh : Olivia Hailey  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Tujuan dan cita – cita bangsa …