Bupati Humbahas Tinjau Pertanaman Bawang Merah Bantuan BI di Desa Dolokmargu

PORTALINDONEWA.Com, Doloksanggul- 22 Jhuny 2023. Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE meninjau pertanaman bawang merah bantuan Bank Indonesia (BI) Cabang Sibolga, Kamis (21/6) di areal pertanaman Kelompok Tani (Poktan) Tobing, Desa Dolokmargu Kecamatan Lintongnihuta. 

Bupati mengingatkan agar masyarakat penerima bantuan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan kalau ada permasalahan yang muncul tetap berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketapang baik langsung ataupun melalui PPL (petugas penyuluh lapangan – Red) sehingga bisa panen dengan maksimal.

Sementara itu, Mesran Lumban Toruan dari Poktan Tobing menyampaikan terimakasih kunjungan Bupati Humbahas ke areal pertanaman bawang merah di Desa Dolok Margu secara khusus di areal pertanaman Poktan Tobing. 

 

Mesran menyampaikan bahwa pertanaman bawan merah yang sudah ditanam dan rawat selama 30 hari hasilnya cukup baik. “Sebagaimana kita lihat saat ini, hanya saja kami kewalahan saat ini karena musim kemarau sehingga kekurangan air. Kami berharap ada solusi mengatasinya dari Pemerintah Kabupaten secara khusus kami sampaikan kepada Pak Bupati ,” harapnya.

Menyikapi keluhan tersebut, Bupati Dosmar Banjarnahor, memerintahkan BPBD(badan penanggulangan bencana daerah) dan Pertanian untuk mengatasi permasalahan petani dengan memasok air dipenampungan air petani. 

Usai meninjau petanaman bawang merah, Poktan Tobing, Bupati didampingi Kadis Pertanian Ir. Junter Marbun dan Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, SE bersama rombongan meninjau pertanaman kentang Poktan Mekar Jaya di Desa Hutasoit II. 

 

Berton Simaremare sebagai Ketua Poktan Mekar Jaya merasa bangga atas kunjungan Bupati Humbang Hasundutan dan menyampaikan terimakasih atas bantuan pemerintah sehingga sampai saat ini Poktan Mekar Jaya sudah bisa menjual bibit kentang G-1 dan G-2 (sudah berlebel dan sertifikat).

Hasil pembibitan ini selain dijual Poktan Mekar Jaya juga bertanam kentang dan sudah beberapa kali panen kentang dengan hasil yang cukup memuaskan. M Sormin/diskominfo.

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Papua Bagian NKRI Kunci Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan Bangsa

Oleh : Olivia Hailey  Editor: Ida Bastian Portalindonews.com – Tujuan dan cita – cita bangsa …