Cara Pengairan Tanaman Bawang Merah Yang Efisien

PORTALINDONWES.COM, Jombang – Sektor pertanian di Indonesia sangat penting bagi perekonomian, karena itu di butuhkan metode moderen demi menunjang pencapaian panen yang bagus dari hasil penanaman.

Di Dusun Segodorejo, Desa Segodorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, terdapat cara pengairan moderen pada penanaman bawang merah, Senin 01/02/2021.

Pengairan pada tanaman Bawang merah tersebut menggunakan bahan dasar pipa untuk jalannya air.

Pipa yang di gunakan di, disain sesuai kebutuhan, sehingga air yang keluar dari pipa bisa menyemprot ke sekeliling tanaman dan dengan volume yang sama sehingga menghasilkan siraman air yang merata pada tanaman bawang merah tersebut.

H. Jumain, pemilik lahan mengatakan”, Selama ini cara mengairi sawah menggunakan selang, jadi air yang keluar tidak bisa rata mengenai tanaman.

“Dengan menggunakan pipa dan bagian atas di kasih spinkler yang berguna untuk memutar debit air yang keluar dengan merata.

Penyedot air menggunakan mesin pemompa air kecil yang biasa di gunakan dalam rumah tangga.

“Saya sudah membandingkan penyiraman tanaman dengan ini dan dengan cara yang lama, dengan ini tumbuh tanaman bisa merata dan cara ini juga hemat tenaga”, Jelasnya.

H. Jumain juga menambahkan”, Untuk luas lahan 100 boto di butuh kan Sepinkler sebanyak 100 buah juga.

Cara ini benar – benar efisien menurut saya dan pembuatannya juga bisa bikin sendiri, tinggal beli pipa jecil dan spinkler di rangkai sendiri”, tambahnya.( SJK)

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Ciptakan Kebersamaan, Babinsa Sertu Jumadi Komsos dengan Anggota LMK

Potalindonews.com, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Bertempat di Jalan Mangga Besar IX RT.09/RW.06, Kelurahan Tangki, …