Demi Hasilkan Benih Berkualitas Unggul, Nursery Komoditas Perkebunan Jawabannya

PORTALINDONEWS.COM, Ambon – Benih tanaman merupakan faktor penting penentu keberhasilan tanaman, karena dapat mempengaruhi hasil produksi, mutu dan kualitas tanaman. Tak dapat dipungkiri masih kerap ditemui petani menggunakan benih asalan. Nursery Perkebunan bisa menjawab tantangan itu. Dengan adanya keberadaan nursery, ketersediaan benih unggul yang bersertifikat, bermutu dan berkualitas dapat terpenuhi.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ambon bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Maluku Tengah, melakukan kunjungan ke Kabupaten Maluku Tengah dalam rangka meninjau, monitoring dan evaluasi langsung kegiatan di nursery BBPPTP Ambon yang berlokasi di Makariki, sekaligus berkoordinasi terkait penyaluran anakan pala berkualitas serta berdiskusi terkait kondisi media, persemaian, bibit, dan anakan yang ada di nursery BBPPTP Ambon. 

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya terkait cuaca hujan ekstrem dan genangan air, diminta agar dapat menjalankan perawatan sesuai prosedur dan memodifikasi cara-cara perawatan mengikuti anomali iklim yang sekarang ini marak terjadi,” ujar Muhammad Rizal Ismail, Kepala BBPPTP Ambon, saat menelusuri lokasi nursery.

Rizal Ismail menambahkan, Diharapkan anakan yang dihasilkan oleh BBPPTP Ambon bukan hanya tersertifikasi tetapi juga berkualitas unggul dan memberikan peningkatan ekonomi pada petani yang selaras dengan tujuan Program Kementerian Pertanian khususnya terkait pembangunan dan fungsi nursery bagi masyarakat.

“Berharap dengan adanya sinergi dari semua pihak terkait, penyaluran anakan pala dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien, guna membantu petani dalam meremajakan tanaman yang sudah non produktif ataupun mulai menanam komoditas perkebunan, salah satunya pala pada lahan masing-masing, sehingga dapat meningkatkan ekonomi petani,” ujarnya.

About Adi Jakarta PortalindoNews

Check Also

Jadi Bagian AMANAH, Pemuda Aceh Mampu Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi

Oleh : Oleh : Teuku Reza  Editor: Ida  Bastian Portalindonews.com – Segenap pemuda Aceh diyakini …