MTQ VI Korpri Nasional Di Sumatera Barat Segera Dibuka, 83 Kafilah Siap Bertanding

PORTALINDONEWS.COM, Jakarta – Pembukaan MTQ VI Korpri Nasional di Padang, Sumatera Barat tinggal menghitung hari. Pihak panitia menggelar Technical Meeting & Pengesahan Peserta MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022, di Kantor Pusat Korpri, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Ketua Umum Korpri Nasional, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyatakan MTQ Korpri siap dibuka dengan jumlah kafilah yang siap bertanding tercatat sebanyak 83, terdiri atas kafilah 34 provinsi dan 49 kafilah kementerian/lembaga.

“MTQ ini adalah sebagai medan dakwah, medan syiar kita, peluang-peluang baru bagi para ASN untuk membumikan nilai-nilai spiritualitas, nilai-nilai Qurani ke dalam kehidupan birokrasi,” tutur Prof. Zudan saat membuka technical meeting yang dihadiri Ketua Dewan Pengawas MTQ Prof. K.H. Nasaruddin Umar, Dewan Hakim Nasional MTQ Prof. Darwis Hude; Kepala BKD Prov Sumbar; Dewan Pengurus Korpri Nasional; Dewan Pengurus Korpri Provinsi; Dewan Pengurus Korpri Kementerian/LPNK/LPP serta para kafilah MTQ.

Sesuai jadwal, acara pembukaan MTQ direncanakan hari Senin (7/11/2022) malam, di Istana Gubernuran Sumatera Barat oleh HM Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri mewakili Wakil Presiden RI.

Acara diisi antara lain perkenalan berupa defile dari seluruh kafilah, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori terbaik pada MTQ V di Sulawesi Tenggara.

Dilanjutkan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar, serta pengibaran bendera MTQ Korpri, dan penyerahan Piala Bergilir untuk diperebutkan dalam MTQ kali ini.

Satu hari sebelum pembukaan, hari Ahad (6/11/2022) sore dilaksanakan acara Malam Ta’aruf dan Haflah Tilawatil Quran yang diikuti oleh seluruh perwakilan kafilah. Pada Malam Ta’aruf akan diserahkan pataka MTQ Korpri dari Ketua Umum Korpri kepada Gubernur Sumatera Barat selaku Tuan Rumah MTQ VI.

“Tujuan utama kita adalah syiar dan dakwah dengan demikian besarnya partisipasi pada MTQ kali ini dapat terus dikembangkan menjadi ajang silaturahmi yang baik bagi anggota Korpri,” ujar Zudan.

Prof. Zudan menilai, antusiasisme luar biasa para anggota pengurus Korpri membuat acara MTQ tahun ini makin banyak pesertanya.

“Hampir dua kali lipat dari tahun 2021. Saya berharap di Sumatera Barat ini lahir kader-kader ASN tangguh baru yang bisa menjunjung tinggi nilai-nilai Qur’ani,” kata Zudan.

Zudan pun mengungkapkan, sesuai aspirasi yang berkembang, di tahun 2024 akan dibuka MTQ Korpri untuk peserta dari universitas dan kabupaten/kota.

Kepada Tuan Rumah, Prof. Zudan tak lupa menitipkan pesan wabil khusus untu para ASN di sana. “Minta tolong untuk Sumatera Barat dan seluruh kafilah agar dakwah dan syiar kita ini bisa menjadi branding baru dari ASN, yaitu MTQ, hafidz bagus, adzan bagus dan seterusnya,” kata Zudan.

Ia pun seraya menambahkan, “Minta tolong agar anggota Korpri bisa membuat video singkat yang menerangkan terkait MTQ agar bisa menjadi jejak digital dan ladang amalan yang dicatat oleh Allah SWT.”

Puspen Kemendagri

About Portalindonews

Check Also

Kodim 1702/ Jayawijaya Ajak Pegawai dan Masyarakat Bersihkan Icon Tugu Salib Kota Wamena

PORTALINDONEWS.COM, Wamena – Kodim 1702/Jayawijaya bersama forkopimda Papua Pegunungan dan komponen masyarakat melaksanakan kerja bakti, …