Haul Gus Dur Ke 12: Mereka Butuh Sosok seperti Gus Dur

Kota Tangerang – Haul merupakan tradisi memperingati kematian tokoh besar secara tahunan. Salah satu tokohnya KH. Abdurahman Wahid alias Gus Dur, telah pergi meninggalkan para pengagumnya selama 12 tahun. Salah satu kekuatan besar Gus Dur, yakni mentertawakan diri sendiri. Humor-humor beliau, bukan saja karena Presiden keempat RI itu doyan guyon, melainkan mencerminkan karakter Gus Dur itu sendiri. “Tertawa adalah salah satu kekuatan terbesar Gus Dur. Salah satu kekuatan Gus Dur yang membuat beliau dicintai, dan banyak orang merasa dekat dengan Gus Dur, karena beliau punya keistimewaan untuk membahagiakan banyak orang lewat joke-joke beliau.
Para Gusdurian Kota Tangerang menggelar Haul Ke-12 KH Abdurrahman Wahid secara luring pada Kamis (30/12/2021). Bertempat di Majelis Taklim Nurul Huda, Kelurahan Gondrong Kenanga, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, dan dihadiri oleh para tokoh agama dan masyarakat diantaranya, Ust. Sayiful Bahri, Ust Romdon, dan Ust Mamun.
Menurut ketua Barikade Gusdur kota Tangerang yang juga bendahara Lakpesdam NU Banten Nurasyik SH, menuturkan bahwa banyak sekali cerita-cerita menarik tentang Gus Dur, dari yang tidak serius menjadi serius, joke-jokenya luar biasa. Cucu ulama besar KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, putra seorang ulama besar KH. Wahid Hasyim, memang unik.


Menurutnya, Gus Dur humoris dan suka bercanda dengan siapapun, sehingga membuat orang-orang terkagum dan selalui ingat dengannya, dari mulai tokoh besar sampai masyarakat biasa. Ujian yang beliau terima sangat berat; dihina, dicaci, dimaki sampai di fitnah, tapi Gus Dur tidak pernah dendam, beliau selalu memaafkan orang-orang yang menghina, mencaci dan memaki serta memfitnahnya.
Kemudian, kata Ketua Brikade Gus Dur Kota Tangerang, bahwa jasa-jasa dan perjuangan Gus Dur besar sekali dalam membela dan melindungi kaum minoritas, beliau tidak pernah membeda bedakan Ras, Suku dan golongan, semua sama di mata Gus Dur.
“Saya rindu dengan humor-humornya, tapi saya juga rindu akan sosok-sosok penerus Gus Dur,” pungkasnya, berharap ada sosok seperti Gus Dur.

Ida Bastian

About IDABASTIAN PORTALINDONEWS

Check Also

Semangat Satgas Yonif 200/BN Kunjungi Kampung Lani Timur

Portalindonews.com, Jayawijaya ~ Guna mewujudkan kedekatan dengan masyarakat, Satgas Yonif 200/BN melalui Pos Bolakme melaksanakan …